No image available for this title

Text

EFEK DLBS 1425 TOPIKAL TERHADAP EKSPRESI TISSUE PLASMINOGEN ACTIVATOR (tPA) PADA TRABEKULAR MESHWORK TIKUS WISTAR



Latar Belakang : Tissue plasminogen activator (tPA) merupakan serin protease yang dikode oleh gen PLAT berfungsi menjaga resistensi outflow dengan mengaktifkan matriks metalloproteinase (MMP). Matriks metalloproteinase merupakan proteinase yang berperan dalam degradasi matriks ekstraseluler. Penggunaan obat antiinflamasi terbukti menurunkan ekspresi tPA pada trabekular meshwork sehingga menyebabkan peningkatan resistensi outflow. DLBS 1425 konsentrasi 1x101 mg/ml merupakan ekstrak Phaleria macrocarpa yang terbukti memiliki efek antiinflamasi.
Tujuan : Studi ini bertujuan untuk mengetahui ekspresi tPA pada TM tikus Wistar yang diberikan DLBS 1425 topikal dibandingkan dengan kontrol.
Metode : Uji eksperimental laboratorium dengan rancangan post -test only randomized controlled group design pada 22 ekor tikus Wistar dibagi menjadi dua kelompok, kontrol dan perlakuan. Kelompok perlakuan diberikan DLBS 1425 topikal dengan dosis 6x/hari, selama 4 minggu. Kelompok kontrol diberikan tetes Hyalub Minidose® 6x/hari, selama 4 minggu. Ekspresi tPA pada TM diperiksa dengan pengecatan imunohistokimia. Data dikumpulkan dan diolah menggunakan program SPSS 15.0 for windows.
Hasil : Rerata ekspresi tPA pada TM dengan Allred Score pada kelompok perlakuan (0,18 ± 0,60) lebih rendah secara signifikan (p < 0.001 ) dibandingkan kelompok kontrol (6,27 ± 0,91).
Kesimpulan : DLBS 1425 topikal memiliki efek penekanan terhadap ekspresi tPA pada trabekular meshwork tikus Wistar dibandingkan kontrol.
Kata Kunci : tissue plasminogen activator, trabekular meshwork, DLBS 1425, Phaleria macrocarpa.


Ketersediaan

049/FKUD/TS/2019617.7 UTA eRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.7 UTA e
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this