No image available for this title

Text

Hubungan antara kadar Vitamin D dengan kadar asam urat pada penderita hiperurisemia asimtomatik



Latar Belakang : Prevalensi kardiovaskular semakin meningkat di seluruh dunia. Hiperurisemia dan defisiensi vitamin D berkaitan dengan proses inflamasi dan merupakan faktor risiko independen terjadinya penyakit kardiovaskular. Telah dilakukan beberapa penelitian mengenai hubungan antara kadar vitamin D dengan kadar asam urat namun hasilnya masih kontroversial.
Tujuan : Untuk mengetahui Hubungan antara kadar vitamin D dengan kadar asam urat pada penderita hiperurisemia asimtomatik
Metode : Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Subyek penelitian adalah penderita hiperurisemia asimtomatik di RS Dr. Kariadi. Dilakukan pemeriksaan kadar vitamin D dan kadar asam urat secara bersamaan. Subyek penelitian kemudian dibagi menjadi kelompok hiperurisemia dan normourisemia. Pasien dengan keganasan, gangguan fungsi ginjal, gangguan fungsi hati, pemakaian obat yang mempengaruhi kadar vitamin D dan asam urat di eksklusi dari penelitian.
Hasil : Didapatkan hubungan positif yang bermakna antara kadar vitamin D dengan kadar asam urat. Pada kelompok hiperurisemia didapatkan rerata kadar vitamin D 21.89 + 6.9 ng/mL sedangkan pada kelompok normourisemia 13.9 + 5.7 ng/mL ( r: 0.385, p: 0.036). Dari analisis bivariat, kadar asam urat berhubungan signifikan dengan jenis kelamin dimana laki-laki lebih tinggi ( r: -0.56, p: 0.01) dan lama paparan matahari (r: 0.53, p: 0.02)
Kesimpulan : Kadar vitamin D yang tinggi berkaitan secara bermakna dengan hiperurisemia pada penderita hiperurisemia asimtomatik. Dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk mengkonfirmasi temuan ini dan mengenai mekanisme yang mendasari Hubungan antara kadar vitamin D dengan kadar asam urat.
Kata Kunci : Vitamin D, asam urat, hiperurisemia, asimtomatik, kardiovaskular, inflamasi, lama paparan matahari


Ketersediaan

071/FKUD/TS/2019616.399 GIT hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.399 GIT h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.399
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this