No image available for this title

Text

Hubungan antara status kadar vitamin D dan status nutrisi dengan kejadian TB anak di RSUD Biak, Papua



Latar belakang. Banyak studi menunjukkan bahwa anak-anak rentan terhadap TB jika terjadi kekurangan vitamin D. Beberapa penelitian selanjutnya menyatakan vitamin D sebagai modulator fungsi makrofag dan dapat mengaktifkan aktivitas anti-mikobakteri.
Tujuan penelitian. Menilai hubungan antara status kadar vitamin D dan status nutrisi dengan kejadian TB anak.
Desain penelitian. Penelitian observasional kasus kontrol dengan mengukur kadar vitamin D serum pada anak-anak dengan TB dan bukan TB pada klinik rawat jalan dan inap RSUD Biak, Papua, masing-masing 50 anak yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis statistik kemaknaan menggunakan uji beda Kai Kuadrat atau uji Fischer. Odds ratio dan interval kepercayaan digunakan untuk menilai besaran efek dan uji regresi logistik untuk analisis multivariat.
Hasil. Terdapat hubungan bermakna status kadar vitamin D kurang (≤ 50 nmol/L) dengan kejadian TB (p=0,000; OR 4,457 (IK 95% 1,920 – 10,343). Setelah disesuaikan status nutrisi, risiko kejadian TB pada subyek dengan status kadar vitamin D yang kurang sebesar 4,382 kali (IK 95% 1,858 – 10,334; p=0,001).
Kesimpulan. Terdapat hubungan bermakna antara status kadar vitamin D setelah disesuaikan dengan status nutrisi terhadap kejadian TB anak.
Kata kunci: tuberculosis, vitamin D, status nutrisi


Ketersediaan

059/FKUD/TS/2019618.92 UNY hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.92 UNY h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.92
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this