No image available for this title

Text

Pengaruh suplementasi nigella sativa terhadap kadar TNF α pada penderita akne vulgaris



Latar belakang : Akne vulgaris (AV) adalah peradangan kronis unit pilosebasea yang merupakan salah satu masalah pada kulit yang sering dijumpai di masyarakat dan bersifat kronis berulang. Tumor Nekrotizing Faktor (TNF-α ) adalah salah satu sitokin proinflammatori utama yang berperan penting dalam memulai dan mengatur kaskade sitokin dalam proses inflamasi AV. Penatalaksanaan AV terdiri dari terapi topikal dan sistemik. Terapi topikal yang paling banyak digunakan adalah retinoid (misalnya adapalene, tretinoin), benzoil peroksida, antibiotik dan asam azelaic. Pilihan terapi sistemik meliputi antibiotik, antiandrogen, isotretinoin dan kortikosteroid. Terapi AV dapat pula menggunakan bahan alami seperti jinten hitam (Nigella sativa). Diharapkan Nigella sativa dapat menurunkan kadar serum TNF α pada pasien akne vulgaris
Tujuan : Mengetahui pengaruh suplementasi Nigell sativa terhadap kadar TNF α serum pada penderita AV.
Metode : Desain penelitian menggunakan true experimental dengan pre and post test design pada penderita akne vulgaris sebelum dan sesudah mendapat suplementasi Nigella sativa. Besar sampel 30 orang.
Hasil Penelitian dan Kesimpulan : Terdapat perbedaan bermakna (p = 0,019 ) rerata penurunan kadarTNFαserumsetelahterapi pada kelompok perlakuan tetapi tidak pada kelompok kontrol. Pemberian suplementasi Nigella sativa pada penderitaAV terbukti memberikan rerata penurunan kadar TNF α serum dan rerata penurunan delta kadar TNF α serum pkelompok perlakuan yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol.
Kata kunci : Akne vulgaris, Nigella sativa, serum TNF α


Ketersediaan

075/FKUD/TS/2019616.5 DYA pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.5 DYA p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.5
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this