No image available for this title

Text

Pengukuran perkiraan tinggi badan menggunakan distansia spinarum



Pendahuluan : Dalam mengidentifikasi korban mati, proses identfiikasi personal sangat diperlukan untuk alasan etik dan humanitarian. Penentuan tinggi badan merupakan salah satu kategori dasar identitas individual seseorang. Penggunaan tulang panggul dalam antorpologi forensik banyak digunakan dalam menentukan jenis kelamin, akan tetapi sebuah penelitian di Manado menunjukkan adanya hubungan antara lebar panggul dan tinggi badan. Perbandingan lebar pinggang terhadap tinggi badan merupakan parameter antropometrik yang digunakan untuk memprediksi status gizi. Atas dasar itu maka dilakukan penelitian untuk menentukan hubungan antara lebar panggul, lebar pinggang dan tinggi badan.
Tujuan : untuk membuktikan adanya hubungan antara lebar panggul, lebar pinggang dan tinggi badan.
Material dan metode : penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekana potong lintang. Dilakukan di bagian Forensik dan Studi Medikolegal RSUP Dr. Kariadi Semarang dengan sampel sebanyak 500 orang yang terdiri dari 250 orang laki-laki dan 250 orang perempuan. Penelitian dilakukan dengan mengukur lebar panggul dan lebar pinggang menggunakan pelvimetri serta tinggi badan menggunakan alat stature 2M yang telah dikalibrasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan SPSS.
Hasil Penelitian : Hasil analisis multivariat menunjukkan adanya hubungan antara lebar panggul dan lebar pinggang dengan tinggi badan. Pada kelompok subjek penelitian laki-laki, didapatkan hubungan yang lebih kuat antara lebar pinggang dan tinggi badan, sementara pada kelompok subjek perempuan didapatkan hubungan yang lebih kuat antara lebar panggul dan tinggi badan. Pada penelitian ini, hubungan antara lebar panggul dan tinggi badan lebih lemah dibandingkan dengan tulang panjang.
Kesimpulan : ada hubungan yang signifikan antara lebar panggul, lebar pinggang dan tinggi badan.
Kata Kunci : antropologi, lebar panggul, lebar pinggang, tinggi badan.


Ketersediaan

076/FKUD/TS/2019614.1 STE pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
614.1 STE p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
614.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this