No image available for this title

Text

Pengaruh murottal Al Quran yang diperdengarkan pada pasein stroke infark akut terhadap perubahan kadar hs_CRP (high sensitivity C-reactive protein), tingkat ansietas depresi dan keluaran klinis neurologis



Pendahuluan Bacaan murottal Alquran secara langsung maupun dengan diperdengarkan memiliki kelebihan dibandingkan dengan mendengarkan musik. Stroke akut dapat memicu respon inflamasi yang berakibat peningkatan kadar CRP. Konsentrasi CRP yang tinggi berhubungan dengan keluaran yang buruk karena merefleksikan reaksi inflamasi atau kerusakan jaringan.
Tujuan : Untuk membuktikan adanya pengaruh Murottal Alquran terhadap perubahan kadar hs-CRP, Tingkat ansietas depresi dan keluaran klinis neurologis
Material dan Metode : Desain penelitian dengan menggunakan metode Randomized Pretest-Post test Control Group Design dengan cara simple ramdomised sampling. Subyek onset kurang dari 72 jam, yang dibagi menjadi perlakuan dan kontrol. Subyek perlakuan dilaksanakan selama 7 hari dengan pemberian murottal Alquran sehari 2 kali, dengan durasi 15 menit pada pagi pukul 06.00 dan sore hari pukul 16.00. Data yang diambil meliputi, kadar hs-CRP serum, penilaian skor HADS, dan skor NIHSS sebelum dan sesudah perlakuan.
Hasil Penelitian : Subyek yang diperoleh sebanyak 40 dilakukan random alokasi sebagai kelompok perlakuan atau kontrol. Didapatkan hubungan bermakna antara memperdengarkan murrotal Alquran dan ansietas (p=0,047). Tidak terdapat hubungan bermakna antara memperdengarkan Alquran dan depresi (p=0,407). Tidak terdapat hubungan bermakna antara memperdengarkan murrotal Alquran dan perubahan kadar hs-CRP serum (p=0,465). Terdapat hubungan bermakna antara memperdengarkan murottal Alquran dan perbaikan skor NIHSS (p=0,018). Analisa logistik regresi memperdengarkan murrotal Alquran berpengaruh pada perbaikan NIHSS (OR=7,421. p=0,022).
Kesimpulan : Memperdengarkan murottal Alquran dapat mengurangi kecemasan namun pada penelitian ini perubahan kadar hs-CRP tidak dipengaruhi pada pasien stroke infark akut. Memperdengarkan murotal Alquran dapat memperbaiki keluaran klinis pasien stroke infark akut sebesar 7,421 kali.
Kata kunci : Murrotal Alquran, kadar hs-CRP serum, NIHSS, HADS, stroke infark akut


Ketersediaan

070/FKUD/TS/2019616.8 HAR pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.8 HAR p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this