No image available for this title

Text

PERAN CARCINOEMBRYONIC ANTIGEN SERUM SEBAGAI FAKTOR PROGNOSIK INSIDENSI METASTASIS HEPAR PADA PASIEN DENGAN KARSINOMA REKTUM DI RS DR. KARIADI SEMARANG PERIODE JANUARI 2014- DESEMBER 2015.



ABSTRAK
Latar belakang :
Kanker kolorektal memiliki predileksi terbesar pada rektum. penyebaran metastase kanker kolorektal terbesar di hepar. carcinoembriyonic antigen (CEA) ditemukan meningkat ekspresinya pada metastase hepar. peningkatan kadar CEA serum dapat memprediksi rekurensi setelah operasi kanker kolorektal hingga 1 tahun sebelum onset gejala klinis muncul. ekspersi kadar CEA serum merupakan faktor penting untuk menentukan strategi terapi dan tindakan yang tepat penelitian ini bertujuan mencari adanya hubungan kadar serum CEA preoperasi dengan adanya metastatis hepar pada pasien dengan kanker retrum saat diagnosis awal ditegakan.

METODE
penelitian cross sectional retrospektif analitik observasional ini melibatkan 59 pasien kanker rektum yang diambil dari rekam medis sejak januari 2014 sampai Desember 2015. Data tang dikumpulkan terdiri dari 26 wanita dan 33 pria , varabel umur, pekerjaan, faktor resiko merokok, makan makanan dibakar, kadar serum CEA preoprasi, stadium keganasan, jenis derajat diferensiasi histologi dan adanya ,metastatis . pengolahan data menggunakan program komputer SPSS 15. Analisa diskriptif perhitungan uji normalitas kecenderungan sentral serta sebaran data menggunakan ujian shapiro wilk, data disajikan dalam bentuk tabel dan boxplot. kemudian dilakukan analisis statik deskriptif pada masing- masing variabel berupa mean kurang lebih SD dan median, dan ditampilkan dalam bentuk tabel. analisis untuk menguji hubungan antara dua variabel menggunakan uji chi-square. batas derajat kemaknaan adalah jika p kurang dari 0,05 didapatkan korelasi. perhitungan cut-off point CEA terhadap terjadinya metastatis hepar pada pasien dengan kanker rektum menggunakan uji kurvareceiver operating characteristic (ROC)


Ketersediaan

112/FKUD/TS/2019617 LAY pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617 LAY p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
21x29.5 cm. xv, 68 hal. ilmu Bedah.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this