No image available for this title

Text

PENGARUH SUPLEMENTASI KOMBINASI ASAM FOLAT, VITAMIN B6 DAN VITAMIN B12 TERHADAP KADAR HOMOSISTEIN DAN PERBAIKAN KLINIS PADA PENDERITA NEUROPATI DIABETES



Abstrak
Latar Belakang: Neuropati diabetes merupakan komplikasi DM yang paling umum dengan prevalensi sebesar 50%. Peningkatan kadar homosistein dapat menginduksi respon inflamasi pada sel endotel yang dapat menyebabkan terjadinya aterosklerosis sehingga dapat timbul komplikasi berupa neuropati diabetes. sampai saat ini penelitian yang menyentuh ranah penurunan kadar homositein dalam mengobati dan mencegah komplikasi neuropati diabetes masih terbatas.

Tujuan Penelitian: untuk mengetahui pengaruh suplementasi kombinasi asam folat, vitamin B6 dan B12 terhadap kadar homositein dan kadar perbaikan klinis pada penderita neuropati diabetes.

metode penelitian: desain eksperimental dengan randomized controlled reial, dengan subyek penelitian penderita neuropati diabetes, penelitian dilakukan di RSUD Tugurejo Semarang. Pada bulan September 2018 sampai maret 2019, dengan jumlah subjek sebanyak 76 orang ( kelompok perlakuan dan kontrol)

Hasil Penelitian: Subjek penelitian terdiri dari perempuan 58 orang dan lai- laki 18 orang. karakteristik subjek penelitian pada kelompok perlakuan dan kontrol berdasarkan jenis kelamin, asupan energi, asupan protein, asupan vitamin asam folat, asupan vitamin B6 dan B12 tidak berbeda secara bermakna. Dibandingkan dengan plasebo, suplementasi kombinasi asam folat, vitamin B6 dan Vitamin B12 dapat menurunkan kadar homosistein serum secara signifikan dengan rerata perbedaan -2,7 (CI 95% -4,38, -1,06; p 0,05)

Simpulan : Terdapat pengaruh suplementasi kombinasi asam folat , vitamin B6 dan vitamin B12 terhadap kadar homostein dan perbaikan klimis pada penderita neuropati diabetes.

katakunci : asam folat, vitamin B6 dan Vitamin B12 kadar homostein , neuropati diabetes.


Ketersediaan

125/FKUD/TS/2019616.39 NUR pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.39 NUR p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
21x29.5 cm. xiii, 56hal. tabel
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.39
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this