No image available for this title

Text

Perbandingan efektivitas Morfin Intravena dan OXYCODODNE Intravena sebagai Analgetik Pasca Operasi Modified Radical Mastectomy (MRM)



ABSTRAK

Latar Belakang : Operasi Modified Radical Mastectomy (MRM) diketahui dapat menyebabkan rasa sakit derajat sedang hingga berat, terutama saat batuk dan napas dalam dan dapat menjadi nyeri kronik dengan gejala yang dikenal dengan Post Mastectomy Pain Syndrome (PMPS). Hingga saat ini morfin intravena masih merupakan obat analgetik yang sering digunakan operasimeskipun efek samping yang ditimbulkannya cukup tinggi. Beberapa analgetik lain mulai digunakan untuk menggantikan morfin, salah satu diantaranya yaitu orycodone, meskipun penelitian dan penggunaan obat ini masih sangat jarang di Indonesia khususnya di RSUP dr Kariadi Semarang untuk nyeri pasca

Tujuan: Mengetahui perbandingan efektivitas dan efek samping antara penggunaan morfin dan arycodone intravena sebagai analgetik pasca operasi MRM.

Metode:Sebanyak 42 pasien yang menjalani operasi MRM dimasukan dalam penelitian randomized, prospectif, double-blind, controlled trial ini. Pasien dibagi menjadi dua grup grup I Oxycodone intravena diberikan dengan alat syring pump dengan loading dose 0,05 mg/kg, dilanjutkan dengan pemberian dosis maintanance 0,02 mg/kgbb/jam selama 24 jam; dan grup II mendapatkan morfin intravena diberikan dengan alat syring pump dengan loading dose 0,05 mg/kg, dilanjutkan dengan pemberian dosis maintanance 0,03 mg/kgbb/jam selama 24 jam. Dilakukan pencatatan Skor NRS, tekanan darah sistolik diastolik laju nadi dan laju napas, efek samping serta kebutuhan rescue analgetik

Hasil: Terdapat perbedaaan bermakna dalam hal skala NRS, efek samping, dan kebutuhan rescue analgetik, dimana oxycodone intravena lebih baik dibandingkan morfin intravena. Simpulan: Efektivitas analgetik oxycodone intravena terbukti lebih baik dibandingkan morfin intravena pada pasca operasi MRM. Sama halnya juea dengan skala nveri dan efek samping oxycodone intravena yang lebih rendah dibandingkan morfin intravena.

Kata Kunci: MRM, axycodone, morfin, syringpump, NRS


Ketersediaan

092/FKUD/TS/2019617.96 MEL pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.96 MEL p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
21 cm x 29.5 cm,ii-xi.1-46 hal , tab,ilus
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.96
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this