No image available for this title

Text

HUBUNGAN KADAR S100B SERUM TERHADAP KELUARAN KLINIS NEUROLOGIS PASIEN STROKE ISKEMIK AKUT



Abstrak
Latar belakang: Cedera otak pada stroke iskemik menyebabkan berbagai perubahan patologis mengakibatkan kerusakan neuronal yang mempengaruhi neuron dan sel glia pada jaringan otak yang diikuti terjadinya pelepasan biomarker neuronal dan sel glia yang spesifik seperti protein S100B. Protein S100B sebagai salah satu penyusun sitoskeleton sel glia akan dilepaskan setelah terjadi kerusakan neuron pada sek glia serta kerusakan sawer darah otak yang terjadi akibat kaskade iskemik pada stroke iskemik. kadar biomarker serum S100B memiliki korelasi dengan derajat kerusakan klinis pasien stroke iskemik akut.

tujuan: mengetahui hubungan kadar S100B serum dalam 72 jam onset terhadap perubahan skor NIHSS antara onset hari ke3 dan hari ke7 pada pasien stroke iskemik akut.

metode: penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan kohort prospektif. subyek adalah pasien yang diagnosis stroke iskemik akut yang memnuhi kriteria inklusi. uji hubungan variabel berkala numerik dan kategorial dilakukan uji Mann whitney. uji hubungan antara variabel kategorial dengan uji x2, uji fischer dan uji kolmogorovo smirnov 2 sampel. hasil analisis bivariat dengan p=


Ketersediaan

096/FKUD/TS/2019616.8 WIN hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.8 WIN h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
21x29.5 cm. xvi,102hal. tabel. grafik
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this