No image available for this title

Text

PENGARUH MUROTALL AL QURAN TERHADAP TINGKAT ANSIENTAS DEPRESI, PERUBAHAN KADAR INTERLEUKIN 6, DAN KELUARAN KLINIS NEUROLOGIS PADA PASIEN STROKE ISKEMIK ALUT



Abstrak
Latar belakang : Bacaan murotall Al Qurán merupakan salah satu cara atau metode membaca Al Qur'an memiliki kelebihan dibandsingkan dengan mendengarkan musik karena bacaan Al Quran memiliki nilai spiritualitas dan religiositas yang tinggi. spiritalitas dapat berpengaruh terhadap Hommocystein , Interleukin-6, C-reactive protein, dan marker inflamasi yang lain, tetapi mekanismennya masih belum jelas. efek spiritualitas dan religiositas terhadap pemilihan stroke diyakini sangat berepengaruh dan penting karena kenyamanan hidup dan kualitas kehidupan dapat berpengaruh positif.

Metode: Desain penelitian menggunakan Ramdomized Pretest-post test control goup design dengan cara simpel ramdomized sampling. subyek merupakan pasien stroke akut dengan onset kurang dari 72 jam. sebyek dikelompokan menjadi kelompok perlakuan dan kontrol. perlakuan diberikan dengan mendengarkan murrotal Al- quran juz ämma melalui handphonbe durasi 30menit pada puku 06.00 dan 16.00 selama 7hari. data yang diambil meliputi penilaian skor HADS, kadar IL6, dan skor NIHSS sebelum dan sesudah perlakuan. faktor- faktor yang lain yang berpengaruh pada keluaran klinis stroke dianalisia secara multivariat.

Hasil: Subyek yang diperoleh sebanyak 40 dilakukan random alokasi sebagai kelompok perlakuan atau kontrol. didapatkan hubungan bermakna antara memperdengarkan murotall Al qurán dan skor HADS ansietas (p=0,047). tidak terdapat hubungan bermakna antara meperdengarkan Al Qur'än dan skor HADS depresi (p=407) terdapat hubungan bermakna antara mendengarkan murotal Al Qurän dan perbaikan kadar IL6 serum (p=0,019) terdapat hubungan bermakna antara mendengarkan murottal Al Quran dan perbaikan skor NIHSS (p=0,018) analisa regresi logistik memperdengarkan murotal Al Qurän berpengaruh pada perbaikan NIHSS (OR =7,421, p=0.022).

Simpulan: memperdengarkan murottal alquran dapat mengurangi kecemasa dan penurunan kadar IL6 serum pada pasien stroke iskemik akut. mendengarkan murotal Al Quran dapat memperbaiki keluaran klinis pasien strok iskemik akut sebesar 7,421 kali.

Kata Kunci: Murotall Al Quran, kadar IL6 Serum, NIHSS, HADS, Stroke iskemik akut


Ketersediaan

097/FKUD/TS/2019616.8 SUM pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.8 SUM p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
21x29.5 cm. xv, 176hal. grafik, tabel
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this