No image available for this title

Text

HUBUNGAN ANTARA LEBAR PANGGUL , LEBAR PINGGANG DAN TINGGI BADAN



HUBUNGAN ANTARA LEMBAR PANGGUL, LEBAR PINGGANG DAN TINGGI BADAN
ABSTRAK

Pendahuluan ; dalam mengidentifikasi korban mati, proses identifikasi sangat diperlukan untuk alasan etik dan humanititarian. penentuan tinggi badan merupakan salah satu kategori dasar identitas individual seseorang. penggunaan tulang panggul dalam antoropologi forensik banyak digunakan dalam menentukan jenis kelamin , akan tetapi sebuah penelitian di manado menujukan adanya hubungan antara lebar panggul dan tinggi badan . perbaningan lebar pinggang terhadap tinggi badan merupakan parameter antropometik yang digunakan untuk memprediksi status gizi . atas dasar itu maka dilakukan penelitian untuk menentukan hubungan antara lebar panggul , lebar pinggang dan tinggi badan.
tujuan ; untuk membuktikan adanya hubungan antara lebar panggul , lebar pinggang, dan tinggi badan.
material metode ; penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan potong lintang. dilakukan di bagian forensik dan stui medikolegal RSUP Dr. Kariadi Semarang dengan sempel sebanyak 500orang yang terdiri dari 250 orang laki-laki dan 250 orang perempuan. penelitian dilakukan dengan mengukur lebar pinggul dan lebar pinggang menggunakan pelvimetri serta tinggi badanmenggunakan alat stature 2M yang telah dikalibrasi. Pengambilan sampel alam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling. data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan SPSS.

Hasil penelitian ; hasil analisis multivariant menunjukan adanya hubungan antara lebar pinggang dengan tinggi badan. pada kelompok subjek penelitian laki-laki, didapatkan hubungan yang lebih kuat antara lebar pinggang dan tinggi badan, sementara pada kelompok subjek perempuan diapatkan hubungan yang lebih lemah dibaningkan dengan tulang panjang.

kesimpulan ; ada hubungan yang signifikan antara lebar panggul , lebar pinggang, dan tinggi badan

kata kunci ; antropologi, lebar panggul , lebar pinggang , tinggi badan.


Ketersediaan

119/FKUD/TS/2019614.1 STE pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
614.1 STE p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
21cm x 29,5cm,ilus,tab,iI-Xii,1-116
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
614.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this