No image available for this title

Text

HUBUNGAN KADAR GLIAL FIBRILLARY ACIDIC PROTEIN (GFAP) SERUM DENGAN KELUARAN KLINIS NEUROLOGIS PASIEN STROKE HEMORAGIK



ABSTRAK
latar Belakang : GFAP merupakan protein yang bertanggung jawab terhadap struktur sitoskeleton dari sel glia. peningkatan kadar GFAP dapat digunakan untuk memprediksi tingkat kerusakan sel glia yang menyertai stroke hemoragik. NIHSS menjadi indikator pemeriksaan untuk mengukur defisit neurologis pasien stroke secara kuantitatif dan memiliki falidasi tinggi dalam memprediksi keluaran klinis jangka panjang. disamping itu, modified rankin scale (mRS) merupakan sekala pengukuran yang memiliki validitas dan reabilitasi yang tingg untuk penentuan keluaran klinis fungsional jangka panjang pasien stroke hemoragik.

tujuan: mengetahui hubungan kadar GFAP serum dengan keluaran klinis neurologis pasien stroke hemoragik.

metode: Peneliitian kohort prospektif yang dilakukan di RSUP Dr KARIADI dan RSUD TUGUREJO Semarang selama bulan juli - november 2018. pengambilan sempel darah serum untuk pemeriksaan GFAP dilakukan dalam kurang dari 72jam pertama onset stroke kemudian dinilai skor NIHSS hari ke3 , NIHSS hari ke7 danmRS hari ke30 data diolah dan dilakukan secara analisis statistik untuk menilai kadar GFAP serum dengan keluaran klinis neurologis pasien strok hemoragik.

hasil : Pada penilaian didapatkan 33 subyek pasien stroke hemoragik. kadar GFAP serum bermakna secara signifikan terhadap perubahan NIHSS (OR = 1,397; IK 95% 1,123 -- 1,738). Perbedaan yang signigfikan juga diperoleh pada kadar GFAP serum dengan mRS 30hari (OR = 1,603; IK 95% 1,127-- 2,231) analaisis kurva ROC didapatkan kadar GFAP ser4um dengan cut-point 11,35 ng/ml AUC sebesar 0,891 (IK 95% 0,779 -- 1,003) untuk memprediksi outcome klinis pasien (mRS 30hari), serta memiliki sensivitas dan spesifikitas sebesar 78,9% dan 78,6%

kesimpulanL: kadar GFAP serum yang iambil kurang dari 72jam pertama onset stroke hemoragik berhubungan dengan keluaran klinis neurologis pasien stroke hemoragik.

kata kunci: stoke hemoragik, glial fibrillary acidic protein, national institude of health stroke scale, modified rankin scale


Ketersediaan

098/FKUD/TS/2019616.8 THE hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.8 THE h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
21x29.5 cm. xviii, 161 hal. Grafik. Tabel
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this