No image available for this title

Text

HUBUNGAN ANTARA KADAR CARBOXY-TERMINAL PRPEPTIDE OF TYPE I PROCOLLAGEN DENGAN DERAJAT FIBROSIS KATUP MITRAL PADA PENDERITA PENYAKIT KATUP JANTUNG REMATIK



ABSTRAK

HUBUNGAN ANTARA KADAR CARBOXY-TERMINAL PRPEPTIDE OF TYPE I PROCOLLAGEN DENGAN DERAJAT FIBROSIS KATUP MITRAL PADA PENDERITA PENYAKIT KATUP JANTUNG REMATIK

Latar Belakang ; Romedeling matriks ekstraseluler yang berhubungan dengan fibrosis katup mitral pada penderita penyakit katup jantung rematik (PJKR) masih belum banyak diteliti. Carboxy-terminal propeptide of type I procollagen (PICP) merupakan biomarker penanda sintesis kolagen yang telah terbukti berhubungan dengan fibrosis kardiak. Karitis rematik pasca demam rematik akut (DRA) akan menyebabkan PJKR kronis yang ditanai engan katup yang fiibrotik. Hubungan antara kadar PICP dan derajat fibrosis katup mitral pada penderita PJKR belum pernah diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara kadar PiCP dan derajat fibrosis katup mitral pada penderita PJKR.

Metode ; Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan belah lintang pada pasien PJKR dengan katup mitral rematik yang menjalani bedah ganti katup mitral (BGKM) . Kadar PICP diperiksa sebelum pasien menjalani BMGK dengan metode enyzme-linked immunsorbent assay (ELISA) . Fibrosis katup mitral dinilai secara hisopatologi dan spesimen katup mitral yang dieksisi saat operasi BGKM. Area fibrosis dihitung dengan sistem analisis kuantitatif menggunakan software ImageJ.

Hasil ; dari 25 subyek diapatkan rerata kadar PICP adalah 1158-+ 569,53 ; 968 (531-2539) ng/ml. Reranta area fibrosis pada subyek adalah 71,2 -+ 12,34 ; 74,65 (43,26 - 90,25)%. Uji korelasi Spearman antara kadar PICP yang lebih rendah.

Kesimpulan ; Kadar PICP berkorelasi positif dengan derajat fibrosis katup mitral penderita PJKR. Kadar PICP >- 917NG/ML MEMPREDIKSI KEJADIAN FIBROSIS LEBIH BERAT.

Kata kunci : Penyakit Katup Jantung Rematik, carboxy-terminal propeptide of type I procollagen, fibrosis.


Ketersediaan

104/FKUD/TS/2019616.12 ARI hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.12 ARI h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
21cm x 29,5cm,ilus,tab,ii-xvi,1-93
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.12
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this