No image available for this title

Text

Pengaruh pilates terhadap endurance otot fleksor dan ekstensor trunkus remaja obesitas



Tujuan : Mengetahui pengaruh latihan pilates terhadap endurance otot fleksor dan ekstensor trunkus pada remaja dengan obesitas.
Rancangan : Penelitian randomized controlled pre and post experimental.
Subyek : 30 orang subyek laki-laki dan perempuan, remaja obesitas, berusia antara 16-18 tahun.
Tempat : SMK Negeri 04 Semarang.
Waktu : November 2015 sampai dengan Desember 2015.
Perlakuan : Subjek dibagi menjadi 2 kelompok secara acak, kelompok intervensi mendapatkan latihan pilates dan kelompok kontrol hanya aktivitas olahraga sesuai jadwal dan kurikulum sekolah. Subjek pada kelompok perlakuan melakukan latihan 2 kali seminggu selama 6 minggu dengan total latihan sebanyak 12 kali.
Hasil pengukuran utama : Endurance otot fleksor trunkus secara umum diukur dengan curl up dan ekstensor trunkus yang diukur dengan prone double straight leg raise test (PDSLRT). Dinilai sebelum perlakuan, akhir minggu ke-3 dan akhir minggu ke-6 setelah perlakuan.
Hasil : Pada penilaian karakteristik subjek penelitian tidak didapatkan perbedaan yang bermakna pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan (P>0,005). Setelah intervensi minggu ke tiga, terdapat perbedaan bermakna pada nilai curl up (P=0,001) maupun pada prone double straight leg raise test (P=0,001) pada kelompok perlakuan dibandingkan kelompok kontrol. Setelah minggu ke enam, juga ditemukan perbedaan yang bermakna nilai curl up (P=0,001) maupun pada prone double straight leg raise test (P=0,001).
Simpulan : Latihan pilates terbukti dapat meningkatkan endurance otot fleksor dan ekstensor trunkus pada remaja dengan obesitas.
Kata kunci : obesitas, endurance otot fleksor dan ekstensor trunkus, pilates, curl up, prone double straight leg raise test (PDSKRT).


Ketersediaan

055/FKUD/TS/2017617.03 ADI PRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.03 ADI P
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xvii, 130 hlm, 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.03
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this