No image available for this title

Text

Efek latihan pilates terhadap fleksibilitas trunkus remaja dengan obesitas



Tujuan : Membuktikan efek latihan pilates terhadap peningkatan fleksibilitas truktus pada remaja dengan obesitas.
Rancangan : Penelitian randomized controlled pre and post experimental.
Subjek : 30 orang subyek laki-laki dan perempuan, remaja obesitas, berusia antara 16-18 tahun.
Tempat : SMK Negeri 04 Semarang
Waktu : November 2015 sampai dengan Desember 2015
Perlakuan : Subjek diabgi menjadi 2 kelompok secara acak, kelompok intervensi mendapatkan latihan pilates dan kelompok kontrol hanya aktivitas olahraga sesuai jadwal dan kurikulum sekolah. Subjek pada kelompok perlakuan melakukan latihan 2 kali semingg selama 6 minggu dengan total latihan sebanyak 12 kali.
Hasil pengukuran utama : Fleksibilitas trunkus secara umum yang dukur dengan Modified Back and Saver Seat and Reach Test (MBSR) sebagai variabel primer dan ukuran antropometri lingkar pinggang sebagai variabel sekunder. Dinilai sebelum perlakuan, akhir minggu ke-3 dan akhir minggu ke-6 setalah perlakuan.
Hasil : Pada penilaian karakteristik subjek penelitian tidak didapatkan perbedaan yang bermakna pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan (p>0,005). Setelah intervensi minggu ke -3 , terdapat perbedaan bermakna pada nilai MBSR kanan (p=0,010) maupun kiri (p=0,007) pada kelompok perlakuan dibanding kelompok kontrol. Setelah minggu ke-6, juga ditemukan perbedaan bermakna baik pada tungkai kanan (p=0,000) maupun kiri (P=0,000). Namun hal yang sama tidak terjadi pada variabel sekunder dimana antropometri lingkar pinggang pada kelompok perlakuan (p=0,334) dan kelompok kontrol (p=0,334). Setelah minggu ke-6 tetap tidak ditemukan perbedaan yang bermakna dari nilai lingkar pinggang kelompok perlakuan (p=0,055) dan kelompok kontrol (p=0,312).
Simpulan : Latihan pilates terbukti dapat meningkatkan fleksibilitas trunkus remaja dengan obesitas walaupun tanpa disertai dengan perbaikan ukuran komposis tubuh yang dinilai dengan pengukuran lingkar pinggang.
Kata kunci : obesitas, fleksibilitas trunkus, pilates, MBSR, lingkar pinggang


Ketersediaan

047/FKUD/TS/2017617.03 DIA ERak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.03 DIA E
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xi, 113 hlm, 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.03
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this