No image available for this title

Text

Ekspresi Interleukin-10 pada Fibroadenoma Mammae dan Invasive Breast Carcinoma of No Special Type



Latar belakang : Kanker payudara merupakan keganasan tertinggi ke 2 penyebab kematian wanita Amerika pada tahun 2007. Data terbaru 2015 di Amerika terdapat 231.840 kasus baru wanita yang terdiagnosis kanker payudara dan 40.290 diantaranya meninggal. Fibroadenoma mammae (FAM) dan Invasive breast carcinoma of no special type (NST) merupakan varian terbanyak tumor jinak dan ganas payudara. Perkembangan tumor payudara merupakan proses multifase yang melibatkan peradangan pada sistem imun, berupa penurunan jumlah dan perubahan fungsi sel limfosit dalam sirkulasi darah perifer dan lingkungan tumor. IL-10 adalah sitokin yang berperan ganda pada tumor, sebagai antiinflamatory dan antiangiogenic.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya perbedaan ekspresi IL-10 pada sediaan histopatologi tumor payudara yang terdiagnosis sebagai FAM dan NST.
Metode : Merupakan penelitian observasif analitik dengan rancangan desain case control. Dilakukan di Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu Universitas Gajah Mada. Populasi penelitian adalah blok histopatologi RSUP dr. Kariadi dengan diagnosa sebagai tumor payudara sejak tahun 2012-2014. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana, setelah memenuhi kriteria inklusi. Analisis statistik uji beda dilakukan dengan menggunakan uji Fishers exact dan hipotesis satu arah (one sided).
Hasil penelitian : Uji Fisher's exact dan hipotesis satu arah (one sided) didapatkan tingkat signifikansi p=0.015.
Kesimpulan : Didapatkan perbedaan yang bermakna ekspresi IL-140 pada FAM yang lebih kecil dibandingkan ekspresi IL-10 pada NST.
Kata kunci : FAM, NST, sitokin, interleukin-10


Ketersediaan

040/FKUD/TS/2017616.07 SIG ERak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.07 SIG E
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xviii, 47 hlm; tabel; gambar; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.07
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this