No image available for this title

Text

Ekspresi Interferon Gamma pada Fibroadenoma Mammae dan Invasive Breast Carcinoma of no Special Type



Latar belakang : International Agency for Research Cancer tahun 2012 melaporkan bahwa 1,7 juta wanita menderita kanker payudara. Penyakit ini masih menjadi penyebab utama kematian kanker pada wanita. Fibroadenoma merupakan lesi jinak payudara yang sering ditemukan. Terdapat 50% dari seluruh biopsi payudara. Morfologi terbanyak pada keganasan payudara adalah Invasive breast carcinoma of no special type sebanyak 70% - 80%. Berbagai faktor terlibat dalam pertumbuhan tumor payudara, antara lain genetika, diet, faktor reproduksi, hormon dan imunitas. Gangguan mekanisme imun memiliki peran penting pada patogenesis terjadinya tumor. Wanita dengan tumor payudara memperlihatkan adanya kekacauan pada sistem imun tubuh. Hal ini ditandai dengan rendahnya kadar interferon Gamma dan peningkatan IL4, IL6, serta IL10. Murine melaporkan tentang peran penting interferon gamma dalam kekebalan tumor. Ketika terjadi penurunan kadarnya, secara spontan akan memicu tumbuhnya tumor. Interferon Gamma sitotoksik pada beberapa sel-sel ganas dan memiliki aktivitas anti-angiogenik. Namun penggunaannya di klinis masih terbatas.
Tujuan : Untuk membuktikan adanya perbedaan ekspresi interferon Gamma pada sediaan histopatologi, yang terdiagnosis sebagai fibroadenoma mammae intrakanalikular dan perikanalikular variant (FAM) dan invasive breast carcinoma of no special type (NST).
Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik observasional dengan desain case control. Sampel terbagi 2 yaitu kelompok dengan diagnosis fibroadenoma mammae intrakanalikular dan perikanalikular variant sebanyak 10 sampel dan kelompok invasive breast carcinoma of no special type sebanyak 27 sampel. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan imunohistokimia interferon gamma. Data yang terkumpul tidak terdistribusi normal, sehingga dilakukan uji non-parametrik dengan menggunakan uji Fishers exact dan hipotesis satu arah (one-sided).
Hasil penelitian : Menggunakan uji Fisher's exact dan hipotesis satu arah (one sided) didapatkan tingkat signifikansi p=0.036 (p


Ketersediaan

041/FKUD/TS/2017616.07 YUN ERak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.07 YUN E
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xviii, 44 hlm; tabel; gambar; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.07
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this