No image available for this title

Text

Korelasi modified rankin scale (mRS) dengan volume hematoma dan edema perihematoma secara CT scan (studi pada pasien stroke hemoragik)



Latar belakang : Stroke hemoragik menjadi salah satu masalah kesehatan utama dan merupakan penyebab kematian yang ketiga terbanyak di negara-negara maju. Modified Rankin Scale (mRS) merupakan penilaian secara umum yang paling sering digunakan untuk menilai hasil akhir yang ditimbulkan paska stroke. Besar kecilnya volume hematoma, volume edema perihematoma (absolut dan relatif) dapat memprediksi outcome pasien paska stroke hemoragik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara outcome pasien paska stroke dengan besarnya volume hematoma, volume edema perihematoma (absolut dan relatif) pada pasien stroke hemoragik.
Metode : Desain penelitian adalah observasional analitik dengan rancangan belah lintang yang diambil dari catatan medik. Jumlah sampel 50 penderita stroke hemoragik yang memnuhi kriteria inklusi dan eksklusi di RS dr. Kariadi Semarang.
Hasil : Uji korelasi dengan rank spearman's didapatkan nilai koefisiensi korelasi (0,283) dan p-value 0,046 menunjukkan korelasi antara dua variabel lemah, sedangkan arah hubungannya positif, yang berarti bahwa semakin tinggi nilai volume edema perihepatoma relatif maka semakin tinggi nilai mRS pada pasien stroke hemoragik, serta tidak ada korelasi yang bermakna antara mRS dengan volume hematoma dan volume edema perihematoma absolut maupun variabel lainnya, didapatkan p>0,05.
Simpulan : Terdapat korelasi lemah antara mRS dengan volume edema perihematoma relatif pada pasien stroke hemoragik.
Kata kunci : stroke hemoragik, mRS, volume hematoma, volume edema perihematoma


Ketersediaan

062/FKUD/TS/2017616.075 YUC kRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.075 YUC k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.075
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this