No image available for this title

Text

Korelasi CT scan stroke window dan ct scan standar dalam mendeteksi tanda infark pada pasien stroke non hemoragik



Pendahuluan : Stroke merupakan penyebab kematian kedua di dunia, sedangkan di Amerika Serikat dan Inggris penyebab kematian ketiga terbanyak setelah penyakit kardiovaskuler dan kanker. Pada tahun 2011 dilakukan evaluasi di Inggris menggunakan variasi jendela pengaturan tingkat yaitu sekitar 40 HU W dan 40 HU L, yang kemudian disebut juga sebagai stroke window. Evaluasi ini memberikan kesimpulan yaitu "stroke window" sebaiknya digunakan secara rutin pada semua pemeriksaan ct kepala.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan mengetahui korelasi ct scan stroke window dengan ct scan standar dalam mendeteksi tanda infark pada pasien stroke non hemoragik.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian obseravsional analitik dengan rancangan belah lintang yang dilakukan di RSUP Dr. Kariadi Semarang mulai September 2015 sampai Maret 2016. Subyek penelitian adalah pasien dengan klinis stroke non hemoragik yang dilakukan pemeriksaan CT scan kepala. Analisis statistik menggunakan uji Rank Spearman.
Hasil : Terdapat 46 subyek penelitian yang terdiri dari 23 laki-laki dan 23 perempuan. Kelompok usia terbanyak adalah > 50 tahun (78,3%). Lokasi infark terbanyak pada ct scan adalah corona radiata, crus posterior capsula interna dan crus anterior capsula interna. Lokasi infark terbanyak pada ct scan stroke window adalah corona radiata, thalamus dan crus posterior capsula interna. Terdapat korelasi yang bermakna antara ct scan stroke window dan ct scan standar dalam menentukan tanda infark pada pasien stroke non hemoragik.
Diskusi : Karakteristik lokasi infark pada ct scan stroke window dan ct scan standar yang terbanyak adalah corona radiata, karena tempat tersebut merupakan deep penetrating and arteries.
Kata kunci : ct scan, stroke hemoragik, stroke window


Ketersediaan

057/FKUD/TS/2017616.075 ADN kRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.075 ADN k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.075
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this