No image available for this title

Text

Korelasi jumlah trombosit dengan volume edema perihematoma relatif secara CT Scan (Studi pada pasien stroke hemoragik)



Latar belakang : Stroke hemoragik menjadi salah satu masalah kesehatan yang utama dan merupakan penyebab kematian yang ketiga terbanyak di negara-negara maju. Trombosit merupakan salah satu faktor koagulasi yang dianggap berperan dalam proses hemostasis yang berpengaruh pada proses pembentukan hematoma dan edema perihematoma. Perkembangan volume edema ini telah diketahui berkontribusi terhadap outcome yang jelak pada pasien stroke hemoragik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara jumlah trombosit dengan besarnya volume hematoma, volume edema perihematoma absolut, serta volume edema perihematoma relatif pada pasien stroke hemoragik.
Metode : Desain penelitian adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional yang diambil dari catatan medik. Jumlah sampel 40 penderita stroke hemoragik yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi di RS Dr. Kariadi Semarang.
Hasil : Uji korelasi dengan Rank Spearman's tidak terdapat hubungan yang bermakna antara jumlah trombosit dengan volume hematoma, volume edema perihematoma absolut maupun edema perihematoma relatif (didapatkan p>0,05).
Simpulan : Tidak terdapat korelasi antara jumlah trombosit dengan volume hematoma volume edema perihematoma absolut maupun edema perihematoma relatif pada pasien stroke hemoragik.
Kata kunci : stroke hemoragik, jumlah trombosit, volume hematoma, volume edema perihematoma absolut, volume edema perihematoma relatif


Ketersediaan

058/FKUD/TS/2017616.075 WIG kRak Tesis (RP)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.075 WIG k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.075
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this