No image available for this title

Text

Perbedaan kekuatan otot dasar panggul pada perempuan yang melakukan senam aerobik, tari perut dan tanpa latihan



Latar belakang : Kelemahan jaringan penyokong dasar panggul dapat menimbulkan berbagai permasalahan bagi perempuan. Latihan otot dasar panggul dianjurkan untuk memperbaiki kekuatan otot dasar panggul. Kontraksi pada otot dinding abdomen yang memiliki suatu mekanisme efektif untuk memperbaiki kekuatan otot dasar panggul.
Metode : Desain cross sectional dilakukan pada perempuan yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Evaluasi kontraksi otot dasar panggul dengan perineometer dilakukan saat ada kontraksi dan tanpa kontraksi. Perbedaan kekuatan otot dasar panggul dianalisis dengan uji Anova jika didapatkan nilai sebaran data normal dan digunakan uji Kruskal-Wallis jika didapatkan nilai sebaran data tidak normal. Jika didapatkan perbedaan bermakna pada ketiga kelompok, maka akan dilanjutkan dengan uji post hoc.
Tujuan : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kekuatan otot dasar panggul pada perempuan yang melakukan senam aerobik, tari perut dan tanpa latihan.
Hasil : Tanpa kontraksi - Rata-rata kekuatan otot dasar panggul tanpa kontraksi kelompok senam aerobik, tari perut dan tanpa latihan secara berturut-turut adalah 31,36 + 5,34; 30,31 + 4,896; dan 26,07 + 3,495. Post hoc test menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok senam aerobik dan tari perut dengan nilai P pada kelompok senam aerobik dan tari perut adalah 0,543. Didapatkan erbedaan bermakna pada kelompok tanpa latihan senam aerobik dan tanpa senam perut dengan nilai P 0,003 dan 0.017.
Dengan kontraksi - Rata-rata kekuatan otot dasar panggul saat kontraksi pada kelompok senam aerobik, tari perut dan tanpa latihan secara berturut-turut adalah 79,41 + 16,11; 75,41 + 16,776 dan 41,03 + 7,222. Post hoc test menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok senam aerobik dan tari perut dengan nilai P 0,450. Didapatkan perbedaan bermakna pada kelompok tanpa latihan-senam aerobik dan tanpa latihan - senam perut dengan nilai P 0,000.
Simpulan : Rerata kekuatan otot dasar panggul pada perempuan yang melakukan senam aerobik dan tari perut lebih baik daripada perempuan yang tidak melakukan latihan. Tidak didapatkan perbedaan yang signifikan pada rerata kekuatan otot dasar panggul pada perempuan yang melakukan senam aerobik dan tari perut.
Kata kunci : kekuatan otot dasar perut, senam aerobik, tari perut


Ketersediaan

016/FKUD/TS/2017618.1 RAT PRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.1 RAT P
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
vi, 72 hlm; tabel; gambar; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this