No image available for this title

Text

Maternal Near Miss berdasarkan kriteria WHO di RSUP Dr. Kariadi Semarang 1 Januari - 31 Desember 2013



Latar belakang : Dalam 20 tahun terakhir, MNM telah mendapat perhatian serius dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), khususnya di bidang pelayanan kesehatan maternal dan perinatal, baik di negara maju maupun di negara berpendapatan rendah dan menengah sebagai suatu indikator kualitas pelayanan obstetri, selain angka kematian ibu. Hal ini karena kasus MNM lebih sering terjadi daripada kematian ibu serta dapat menghasilkan informasi lebih banyak, dimana subjek dapat menjadi sumber data.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain belah lintang (cross sectional study), data dari rekam medik wanita perempuan hamil, bersalin, abortus dan nifas yang datang ke RSUP Dr. Kariadi pada periode 1 Januari - 31 Desember 2013.
Tujuan : Tujuan umum penelitian adalah mendapatkan informasi tentang angka kejadian, indikator, karakteristik pasien serta faktor-faktor yang menjadi penyebab MNM di RSUP Dr. Kariadi Semarang.
Hasil : Di RSUP Dr. Kariadi Semarang selama periode tahun 2013 didapatkan 52 kasus MNM, dimana kasus MNM tipe A sebanyak 43 kasus (82,7%) dan MNM tipe B sebanyak 9 kasus (17,3%). Jumlah kelahiran hidup 3147, dengan nilai indikator untuk kejadian Maternal near miss (MNM) 52 kasus, maternal near miss incidence ratio (MNMR) 16,5/1000 kelahiran hidup, severe maternal outcome ratio (SMOR) 26,7/1000 kelahiran hidup, maternal near miss mortality ratio (MNM : MD) 1,6 : 1 dan Mortality Index 38%.
Simpulan : RSUP Dr. Kariadi Semarang telah cukup berhasil dalam melakukan penanganan terhadap kasus-kasus perdarahan di bidang obstetrik, namun masih kurang dalam penanganan kasus-kasus preeklampsia-eklampsia, sindrom HELLP, infeksi nifas, edema pulmonal dan penyakit jantung. Masih tingginya kejadian kematian maternal di RSUP Dr. Kariadi Semarang disebabkan sebagian besar kasus maternal near miss yang dirujuk sedah dalam kondisi critical stage, sehingga mempengaruhi nilai parameter indikator near miss, terutama Maternal near miss mortality ratio (MNM : MD) dan mortality Index.
Kata kunci : maternal near miss (MNM), RSUP Dr. Kariadi


Ketersediaan

017/FKUD/TS/2017618.1 ISK MRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.1 ISK M
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
x, 82 hlm; tabel; gambar; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this