No image available for this title

Text

Perbandingan Panjang Serviks dengan USG Transvaginal dan Skor Bishop sebagai Prediktor Keberhasilan Induksi Persalinan



Latar belakang : Induksi persalinan merupakan prosedur obstetri yang sering dilakukan untuk memicu timbulnya kontraksi baik secara mekanik, farmakologik atau keduanya agar terjadi persalinan pervaginam. Penggunaan USG transvaginal dimanfaatkan untuk memprediksi keberhasilan induksi persalinan. Hingga saat ini masih sedikit informasi mengenai bagaimana memperkirakan risiko dan memberikan penjelasan ke pasien mengenai induksi persalinan. Standar yang digunakan untuk memprediksi luaran induksi persalinan adalah dengan skor Bishop. Pemeriksaan ini bersifat subjektif dengan variabilitas inter dan intraobserver yang tinggi sehingga memiliki nilai prediktif yang rendah dalam hal luaran induksi persalinan. Pemeriksaan dengan menggunakan USG transvaginal dinilai lebih objektif untuk menilai panjang serviks. Selain itu pemeriksaan ini bukan merupakan prosedur yang rumit untuk dilaksanakan kurang invasif dibandingkan pemeriksaan dalam vagina.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain belah lintang (cross sectional study). Semua wanita hamil aterm yang akan menjalani induksi persalinan dari bulan Oktober 2015 - Maret 2016 di RSUP dr. Kariadi Semarang.
Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah membandingkan panjang serviks dengan menggunakan USG transvaginal dengan skor bishop dalam memprediksi keberhasilan induksi persalinan.
Hasil : Sebanyak 122 pasien yang menjalani induksi persalinan di RSUP Dr. Kariadi Semarang selama periode tahun Oktober 2015 hingga mAret 2016. Dari 120 pasien yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, didapatkan perbedaan yang bermakna dalam hal umur, indikasi induksi karena KPD, skor Bishop, panjang serviks dan adanya funneling pada kelompok yang berhasil menjalani induksi persalinan dengan ditandai pembukaan 4 cm dalam waktu < 12 jam. Cut off point untuk panjang serviks adalah 25,45 mm dan 3 untuk skor Bishop dalam memprediksi keberhasilan induksi persalinan.
Simpulan : Penelitian ini menunjukkan pengukuran panjang serviks dengan menggunakan USG transvaginal lebih baik dalam memprediksi keberhasilan induksi persalinan daripada skor bishop.
Kata kunci : Induksi persalinan, skor Bishop, panjang serviks, USG transvaginal, keberhasilan induksi


Ketersediaan

020/FKUD/TS/2017618.1 LUB PRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.1 LUB P
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
ix, 82 hlm; tabel; gambar; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this