No image available for this title

Text

Perbandingan gambaran histopatologi lambung tikus wistar setelah pemberian deksketoprofen ketorolak



Latar belakang : Obat anti inflamasi non steroid (OAINS) merupakan obat yang memiliki kemampuan untuk mengatasi nyeri, sehingga dapat digunakan untuk pengelolaan nyeri pasca bedah. Ketorolak dan desketoprofen merupakan OAINS bekerja dengan cara menghambat aktifitas ezim siklooksigenase (COX) baik enzim siklooksigenase-1 (COX-1) maupun enzim siklooksigenase-2 (COX-2) sehingga sintesis dari prostaglandin (PG) juga terhambat. PG khususnya prostaglandin E2 (PGE2) sebenarnya merupakan zat yang bersifat protektor untuk mukosa saluran cerna atas. HAmbatan sintesis PG akan mengurangi ketahanan mukosa, dengan efek berupa lesi akut mukosa lambung bentuk ringan sampai berat.
Tujuan : Mengetahui perbedaan gambaran histopatologi lambung tikus wistar setelah pemberian deksketoprofen dan ketorolak.
Metode : Dilakukan penelitian eksperimental laboratorik menggunakan randomized post test control group design pada 14 ekor tikus wistar jantan yang dibagi menjadi 2 kelompok secara acak masing-masing kelompok terdiri dari 7 ekor tikus wistar yang diberi luka incisi. Kelompok I mendapatkan deksketoprofen 0,9 mg intramuskular tiap 8 jam selama 5 hari dan kelompok II mendapatkan ketorolak dengan dosis 0,54 mg intramuskuler tiap 8 jam selama 5 hari. Setelah itu dilakukan terminasi serta pengambilan jaringan lambung dan dianalisis gambaran histopatologisnya. Uji statistik normalitas data dengan menggunakan Saphiro wilk uji beda dengan menggunakan Independent t Test.
Hasil : Dari hasil uji Independent T Test didapatkan nilai p antara kelompok I terhadap kelompok II P=0,029 sehingga terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok I dan kelompok II.
Kesimpulan : Terdapat perubahan gambaran histopatologis lambung tikus wsitar setelah pemberian deksketorpofen dan ketorolak, dimana perubahan gambaran histopatologi lambung tikus wsitar pada pemberian desketoprofen lebih sedikit dibandingkan dengan ketorolak.
Kata kunci : deksketoprofen, ketorolak, gambaran histopatologi lambung


Ketersediaan

072/FKUD/TS/2017617.9 DAT pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.9 DAT p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this