No image available for this title

Text

Pengaruh Dexmedetomidine intravena terhadap kadar Superoxide Dismutase I (SOD-1) ginjal kelinci pada Renal Ischemic Reperfusion Injury Model



Latar belakang : Perubahan hemodinamik selama operasi dapat menyebabkan hipoperfusi organ yang berakibat pada kegagalan organ ginjal. Ischemic Reperfusion Injury (IRI) adalah penyebab utama dari kegagalan ginjal akut, dan dapat berakibat pada peningkatan morbiditas dan angka kematian. Dexmedetomidine adalah agonis Alpha2-adrenergik yang selektif, menunjukkan sifat sparing anestesi, analgesia dan sifat simpatolitik, termasuk digunakan sebagai agen pelindung untuk Ischemic Reperfusion Injury (IRI) pada banyak sistem organ. Superoxide Dismutase 1 (SOD1) memainkan peran pentng dalam menyeimbangkan status oksidasi dan antioksidan, memberikan pertahanan penting terhadap toksisitas superoxide radikal, sehingga dapat melindungi sel dari kerusakan.
Tujuan : Mengetahui efek dexmedetomidine intravena terhadap kadar Superoxide Dismutase 1 (SOD-1) ginjal kelinci dengan renal ISchemic Reperfusion Injury model.
Metode : Penelitian eksperimental RAndomized Post Test Only Control Group Design menggunakan 16 ekor kelinci New Zealand. 8 ekor kelinci diberikan perlakuan dengan pemberian dexmedetomidine 0,5 mcg/kgbb/jam dan dilakukan oklusi pada arteri renalis. 8 ekor kelinci yang tidak mengalami perlakuan juga dilakukan oklusi arteri renalis dan dilakukan Superoxide Dismutase 1 (SOD-1) sebagai kontol. Uji normalitas dengan Saphiro Wilk dilanjutkan uji parametric menggunakan Mann Whitney.
Hasil : Kadar rerata SOD-1 pada kelompok kontrol 0,8 dan nilai P 0,389 (normal) dan kadar rerata SOD-1 pada kelompok perlakuan 1,21 dan nilai P 0,014 (tidak normal). Uji beda digunakan uji parametric Mann Whitney-test didapatkan nilai p = 0,016. KArena nilai p


Ketersediaan

074/FKUD/TS/2017617.9 MAU pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.9 MAU p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this