No image available for this title

Text

Pengaruh ketamin intravena terhadap kadar interleukin-6 tikus wistar yang diberi lipopolisakarida



Latar belakang : Peningkatan kadar sitokin IL-6 yang berhubungan dengan kematian mengangkat hipotesis menarik bahwa signaling IL-6 memainkan peran mekanistik pada sepsis. Paparan endotoksin akan menyebabkan peningkatan aktivasi sitokin proinflamasi, dan salah satunya adalah Interleukin 6 (IL-6). Ketamin suatu antagonis dari reseptor N-methyl-D-aspartat merupakan anestesi karena mempunyai efek sedasi dan analgesi kuat. Ketamin merupakan obat anestesi yang digunakan untuk penderita sepsis, diduga ketamin menghambat aktivasi NF-kB melalui penekanan degradasi IkB-Alpha dan translokasi NF-kB sehingga akan menghambat produksi sitokin proinflamasi (TNF-Alpha, IL-1, IL-6 dan IL-8) akibat paparan lipopolisakarida (LPS). Supresi ketamin pada produksi LPS induced IL-1, IL-6 dan IL-8 disebabkan efek inhibisi ketamin pada produksi LPS-induced TNF-Alpha.
Tujuan : Membuktikan efek pemberian ketamin 0,6, 1,2 dan 2,5 mg intravena pada tikus wistar yang disuntik LPS intravena terhadap penurunan interleukin 6 intravena.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain Randomized Non Controlled Trial (RCT). Kelompok dibagi menjadi 4 (kontrol (K), Perlakuan 1 (P1), Perlakuan 2 (P2), Perlakuan 3 (P3). Injeksi lipopolisakarida 5 mg/kgBB diberikan kepada semua kelompok, 5 menit kemudian injeksi Nacl 0,9% untuk kelompok satu (K) dan ketamine untuk kelompok 2 (P1), kelompok 3 (P2) dan kelompok 4 (P3) secara intravena dengan dosis 0,6 mg/kgBB (P1), 1,2 mg/kgBB (P2) dan 2,5 mg/kgBB (P3) di vena lateralis ekor, 6 jam pasca injeksi dilakukan pengambilan sampel darah pada keempat kelompok guna membandingkan kadar interleukin tiap kelompok. Uji statistik menggunakan metode Shapiro Wilk, Pre, One way Annova dan Post hoc.
Hasil : Pada uji one way annova didapatkan perbedaan bermakna pada kelompok K terhadap kelompok P1. P2 dan P3. Pada uji Post Hoc terdapat perbedaan yang bermakna antara kadar interleukin 6 pada kelompok P1 dibandingkan kelompok P2 (p=0,022) dan kelompok P2 dibandingkan kelompok P3 (p=0,008).
Kesimpulan : Pemberian ketamin dosis 0,6 mg, 1,2 mg dan 2,5 mg menunjukkan perbedaan bermakna pada kadar Interleukin 6 dibanding kontrol pada tikus wsitar yang diberi LPS. Pemberian ketamin dosis 1,2 mg intravena dosis yang efektif untuk menurunkan kadar interleukin 6pada wistar yang diberi LPS.
Kata kunci : ketamine, lipopolisakarida, interleukin


Ketersediaan

068/FKUD/TS/2017617.9 BAY pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.9 BAY p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this