No image available for this title

Text

Kepatuhan tenaga kesehatan terhadap pelaksanaan asuhan persalinan normal di Rumah Sakit Lahan Jaringan



Latar belakang : Angka kematian ibu Provinsi Jawa Tengah tahun 2013 berdasarkan laporan dari kabupaten/kota sebesar 118,62/100.000 kelahiran hidup, meningkat bila dibandingkan tahun 2012. Sedangkan AKB berdasar Survey Demografi Kesehatan Indonesia sebsar 40/1000 kelahiran hidup. Persalinan yang ditolong tenaga kesehatan terbukti berkontribusi terhadap turunnya risiko kematian ibu namun berdasarkan hasil investigasi kualitas secara cepat yang dilakukan pada bulan Juli 1997 di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, terungkap bahwa hampir sebagian besar (80%) penolong persalinan yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan tidak mampu melakukan asuhan persalinan sesuai dengan standar yang diinginkan.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan belah lintang. 44 orang tenaga kesehatan di RS jejaring akan diambil sebagai subjek penelitian secara acak menggunakan metode cluster random sampling. Data primer diambil dengan menggunakan kuesioner dari hasil wawancara dan observasi langsung dilapangan.
Tujuan : Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penerapan standar Asuhan Persalinan Normal (APN) oleh tenaga kesehatan penolong persalinan di RS Jejaring.
Hasil : Rata-rata usia responden yaitu 30 tahun dengan usia termuda 21 tahun dan paling tua berusia 43 tahun. Semua responden adalah perempuan mayoritas bidan (97,4%) dan 2,6% lainnya dokter umum. Masa kerja paling sedikit setengah tahun dan paling lama 30 tahun. Mayoritas 89,5% pernah ikut pelatihan APN sebelumnya. Dari 10 RS jejaring sebagian besar memiliki tingkat kepatuhan terhadap APN yang baik (65,8%), kepatuhan terhadap prosedur resusitasi neonatus sebagian besar baik (60,5%) dan sebagian besar memiliki tingkat pengetahuan APN yang tinggi (63,2%). Bahwa tingkat pengetahuan berhubungan dengan tingkat kepatuhan terhadap standar APN, dimana mereka dengan tingkat pengetahuan tinggi memiliki kecenderungan tingkat kepatuhan lebih baik, lebih besar 6 kali bila dibandingkan dengan mereka yang pengetahuannya sedang (OR 5,9, Interval kepercayaan 95% 2,04 - 17,11). Dan mereka dengan tingkat pengetahuan rendah memiliki kecenderungan kepatuhannya buruk 5 kali lebih besar dibandingkan mereka dengan tingkat pengetahuan tinggi (OR 0,19 interval kepercayaan 95% 0,10 - 0,34).
Simpulan : Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan APN dengan kepatuhan terhadap penerapan standar APN dengan semakin tinggi tingkat pengetahuan, maka semakin tinggi pula kepatuhannya terhadap penerapan standar APN. Pelatihan APN sebagi upaya penyegaran kembali perlu dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan tenaga kesehatan.
Kata kunci : kepatuhan, APN, tenaga kesehatan


Ketersediaan

015/FKUD/TS/2017618.1 CIT KRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.1 CIT K
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 95 hlm; tabel; gambar; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this