No image available for this title

Text

Global longitudinal strain awal sebagai prediktor kejadian remodeling ventrikel kiri : Studi kasus pada penderita infark miokard akut onset lanjut



Latar belakang : Remodeling ventrikel kiri (Vki) mempunyai efek yang merugikan terhadap fungsi ventrikel dan mempengaruhi prognosis pasien, khususnya pada pasien infark miokard akut dengan elevasi segmen ST (STEMI) onset lanjut. Fraksi ejeksi Vki (LVEF) telah digunakan untuk memprediksi remodeling Vki, akan tetapi akurasinya rendah. Global longitudinal strain (GLS) mempunyai nilai prognostik yang lebih untuk memprediksi remodeling pasca STEMI.
Tujuan : Mengetahui apakah global longitudinal strain dapat digunakan sebagai prediktor remodeling Vki STEMI onset lanjut.
Metode : Pasien STEMI onset lanjut untuk pertama kali diambil secara konsekutif. Penilaian GLS dengan speckle tracking sebagai bagian dari pemeriksaan ekokardiografi dilakukan selama perawatan di rumah sakit dan diulang 1 sampai 3 bulan kemudian. Remodeling Vki didefinisikan sebagai peningkatan >20% volume akhir diastolik dan atau >15% volume akhir sistolik Vki pada saat pemeriksaan ulang.
Hasil : 36 pasien (usia rata-rata 56,44 tahun) dibagi menjadi dua kelompok : 21 pasien (58,3%) tanpa remodelingdan 15 pasien (41,7%) dengan remodeling Vki. Regresi logistik digunakan untuk mengidentifikasi faktor yang berpengaruh terhadap remodeling Vki. Pada analisis bivariat, kelas KILLIP, revaskularisasi inkomplit, tidak mendapatkan Betta blocker, LVEF dan GLS mempunyai hubungan yang bermakna terhadap remodeling Vki. Pada analisis multivariat, GLS (OR 27,70 [95% CI : 3,26-235,18], p: 0,002), revaskularisasi inkomplit (OR 26,78[95%CI: 1,31-545,87], p: 0,03) dan tidak mendapatkan betta blocker (OR 21,71 [95%CI: 1,55-303,58], p:0,02) sebagai prediktor independen remodeling Vki paska STEMI onset lanjut. Kurva receiver operating characteristic (ROC) menunjukkan bahwa GLS dapat memprediksi remodeling dengan nilai cut off optimal-11,2% (sensitivitas: 73,3%, spesifisitas : 81%).
Kesimpulan : Global longitudinal strain dengan speckle tracking ekokardiografi merupakan prediktor independen remodeling Vki pada pasien STEMI onset lanjut


Ketersediaan

100/FKUD/TS/2017616.12 SAF gRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.12 SAF g
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.12
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this