No image available for this title

Text

Korelasi antara kadar IL-6 serum dengan aktivitas penyakit (menurut DAS28-CRP) dan gradasi sinovitis (pemeriksaan USG Doppler sendi tangan) pada pasien artritis reumatoid (Studi kasus di RSUP Dr. Kariadi Semarang)



Latar belakang : Artritis reumatoid (AR) merupakan penyakit autoimun yang menyerang sendi tangan dan kaki. Patogenesis sinovitis reumatoid erat kaitannya dengan overekspresi IL-6. Perangkat penilaian aktivitas penyakit seperti DAS28 dan penentuan gradasi sinovitas dengan USG Doppler juga dirancang untuk mendeteksi inflamasi sinovial yang secara teori diperantarai oleh IL-6.
Tujuan : Menganalisis korelasi antara kadar IL-6 serum dengan aktivitas penyakit (DAS28) dan gradasi sinovitis pada pasien AR.
Metode : Penelitian dilakukan dengan metode belah lintang pada pasien AR yang mengunjungi poliklinik reumatologi Dept. IPD RSUP Dr. KAriadi Semarang. Data penelitian termasuk data primer dengan melakukan anamnesis dan pemeriksaan langsung pada responden yang termasuk kriteria inklusi serta bersedia diikutkan dalam penelitian. Pemeriksaan immunoassay IL-6 dilakukan dengan pemeriksaan ELISA. Terapi rutin AR ditetapkan sebagai variabel perancu hasil penelitian.
Hasil : Terdapat 24 responden dengan AR ikut serta pada penelitian. 91,7% wanita dan 8.3% pria. Usia rerata responden 44+12 tahun. Menurut aktivitas penyakit, dua responden (8.3%) memenuhi kriteria aktivitas penyakit remisi (DAS28


Ketersediaan

078/FKUD/TS/2017616 JAN kRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616 JAN k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this