No image available for this title

Text

Korelasi Non Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD) Fibrosis Score (NFS) dengan Left Ventricular Mass Index (LVMI) pada penderita NAFLD (Studi kasus di RSUP Dr. Kariadi)



Latar belakang : NAFLD Fibrosis Score (NFS) adalah salah satu metode klinis yang tidak invasif dan tervalidasi, untuk mengidentifikasi perkembangan fibrosis hati pada penderita NAFLD. Mortalitas terkait kardiovaskuler merupakan penyebab utama pada pasien NAFLD. Peningkatan indeks massa ventrikel kiri (IMVK) merupakan petanda awal (subklinis) terjadinya komplikasi kardiovaskuler pada penderita NAFLD.
Tujuan : Menganalisis korelasi antara NAFLD fibrosis score dengan indek massa ventrikel kiri pada penderita NAFLD.
Metode : Penelitian dilakukan dengan metode cross sectional pada pasien NAFLD yang datang ke Poliklinik Gastroenterohepatologi bagian penyakit dalam RSUP Dr. AKriadi Semarang. Pemeriksaan NFS menggunakan perhitungan rumus yang telah ditetapkan berdasarkan parameter klinis dan biokimia darah, sedangkan pengukuran IMVK menggunakan ekokardiografi. Evaluasi variabel perancu meliputi jenis kelamin dan hipertensi. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji korelasi Person's, Mann-Whitney dan regresi logistik.
Hasil : Terdapat 64 responden dengan NAFLD primer, 58.1% pria, 41.9% wanita. Usia rerata responden 52.8+10.5 tahun (rentang: 30-77 tahun). Berdasarkan kriteria NFS, distribusi terbesar terdapat pada kelompok high probability of advanced fibrosis (50%), diikuti intermediate probability of advanced fibrosis (34.4%) dan low probability of advanced fibrosis (15.6%). Peningkatan IVMK didapatkan terbanyak bertutur-turut pada kelompok dengan NFS high probability of advanced fibrosis (93.8%), intermediate probability of advanced fibrosis (59.1%) dan low probability of advanced fibrosis (10%). Didapatkan korelasi positif antara NFS dengan IVMK (P 0,002). Dilakukan uji regresi logistik (metode enter) antara NFS dan variebl perancu (jenis kelamin) terhadap IVMK, didapatkan hubungan yang lebih bermakna antara NFS terhadap IVMK pada NAFLD (P=0,002).
Kesimpulan : Terdapat korelasi positif antara NAFLD fibrosis score dengan indek massa ventrikel kiri pada penderita NAFLD.
Kata kunci : NAFLD, NAFLD fibrosis score (NFS), indek massa ventrikel kiri (IVMK).


Ketersediaan

079/FKUD/TS/2017616 TRI kRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616 TRI k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this