No image available for this title

Text

Hubungan antara profil lipid dan indeks massa tubuh terhadap Ankle-Branchial Index anak dengan sindrom nefrotik (Kajian pada Sindrom Nefrotik Relaps Sering dan Resisten Steroid)



Latar Belakang : Prevalensi Sindrom nefrotik di Indonesia mencapai 6 tiap 100.000 anak pertahun. Sindrom nefrotik memiliki hubungan dengan komplikasi kardiovaskular pada anak dikemudian hari. Ankle-Brachial Index (ABI) merupakan salah satu metode skrining non invasif yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya aterosklerosis.
Tujuan penelitian : Mengetahui hubungan antara profil lipid dan IMT dengan ABI pada pasien anak dengan sindrom nefrotik.
Metode : Metode penelitian adalah observasional dengan desain potong lintang. Pemeriksaan dilakukan pada 24 anak sindrom nefrotik yang memenuhi criteria inklusi dan eksklusi. Profil lipid berupa kolesterol total, LDL, HDL, dan Trigliserida diperiksa melalui darah vena. IMT didapatkan dengan membandingkan berat badan dan tinggi badan dalam meter kuadrat. ABI didapatkan dengan membandingkan tekanan sistolik kaki dan lengan, kemudian diambil rasio yang paling rendah. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan korelasi Pearson.
Hasil : Kolesterol total, LDL, HDL, dan IMT mempunyai hubungan yang sangat lemah terhadap ABI (r=


Ketersediaan

109/FKUD/TS/2017618.92 SUS hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.92 SUS h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.92
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this