No image available for this title

Text

Korelasi kadar MDA (Malondialdehid) dengan derajat keparahan vitiligo



Latar belakang : Vitiligo merupakan kelainan idiopatik akuisita bersifat familial dan cenderung bersifat progresif, jarang terjadi regresi spontan, ditandai dengan adanya macula hipopigmentasi yang khas seperti susu atau kapur, berbatas tegas, bervariasi ukuran dan konfigurasinya. Patogenesis vitiligo menjelaskan terjadinya kerusakan melanosit dengan gambaran khas berupa destruksi sel melanosit yang bersifat progresif disertai ketiadaan produksi melanin. Hal ini mengakibatkan vitiligo secara klinis tampak sebagai makula hipopigmentasi. Vitiligo merupakan kelainan poligenik multifaktorial dengan pathogenesis yang kompleks, antara lain hipotesis autoimun, autositotoksik, neural dan intriksik/genetic. Pada vitiligo menunjukkan adanya pergeseran rasio antioksidan dan pro-oksidan yang terlibat dalam stres oksidatif. Malondialdehid (MDA) atau 4-hidroksi-2-neonenal merupakan produk akhir peroksidasi lipid yang stabil dan banyak digunakan dalam berbagai penelitian sebagai salah satu petanda biologik terjadinya stress oksidatif yang meningkat. VASI merupakan skor parameter kuantitatif yang bersifat sensitif untuk menilai deajat keparahan vitiligo. Dengan rumus VASI = S (seluruh daerah tubuh) (unit tangan) x (depigmentasi).
Tujuan : Mengetahui hubungan stres oksidatif dengan derajat keparahan vitiligo.
Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian adalah observasional analitik dengan metode pengambilan sampel consecutive sampling.
Hasil dan kesimpulan : Terdapat korelasi positif yang sangat kuat dan bermakna ([=0,001; r=0,94) antara kadar MDA plasma dan derajat keparahan vitiligo menurut Vitiligo Area Scoring Index.
kata kunci : vitiligo, VASI, malondialdehid


Ketersediaan

044/FKUD/TS/2017616.5 MON KRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.5 MON K
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
ix, 66 hlm; tabel; gambar; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.5
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this