No image available for this title

Text

Pengaruh penggunaan kantong plastik terhadap hipotermi dan hipoglikemi pada bayi berat lahir rendah



Latar belakang: Hipotermia pada neonatus disebabkan oleh berbagai keadaan. Keterbatasan alat untuk merawat bayi berat lahir rendah (BBLR) yang dapat meningkatkan angka morbiditas pada BBLR, penggunaan kantong plastik merupakan upaya untuk mencegah hipotermi pada BBLR.
Tujuan penelitian: Menganalisa perbedaan suhu aksila dan gula darah sewaktu (GDS) antara BBLR yang menggunakan kantong plastik (kelompok kasus) dan yang tidak menggunakan kantong plastik (kelompok kontrol).
Metode: Penelitian ini merupakan studi randomized control trial dengan subyek penelitian BBLR yang dirawat di RSUP Dr. Kariadi Semarang sejak bulan Januari-Juni 2016. Penelitian derajat hipotermi menggunakan termometer, dan pengukuran kadar GDS dengan glukotest. Analisis dengan Chi-square, Mann-whitney, dan t tidak berpasangan.
Hasil: Subyek penelitian 106 BBLR, terdiri dari masing-masing 53 BBLR dalam kelompok kasus dan kontrol, preterm 64 (60,2%), dan aterm 36 (38,8%). Didapatkan perbedaan bermakna antara suhu aksila pada kelompok kasus kontrol (p0,005). Terdapat peningkatan bermakna antara suhu aksila 1 jam pertama dan 24 jam pertama setelah lahir pada kelompok kasus (p


Ketersediaan

105/FKUD/TS/2017618.92 DES pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.92 DES p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.92
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this