No image available for this title

Text

Perbedaan ekspresi caspase-3 dan caspase-7 pada apoptosis sel ganglion retina pasca pemberian asam folat dan deksametason pada model tikus intoksikasi metanol



Pendahuluan Intoksikasi metanol dapat menyebabkan penurunan visus permanen. Asam format merupakan metabolit toksik metanol yang menyebabkan toksisitas hipoksia sehingga terjadi kerusakan mitokondria, mengaktivasi caspase-3 dan caspase-7 hingga akhirnya terjadi apoptosis. Deksametason dan asam folat telah digunakan sebagai terapi tambahan pada kasus intoksikasi metanol.
Tujuan Untuk mengetahui perbedaan ekspresi caspase-3 dan caspase-7 pada apoptosis sel ganglion retina pasca pemberian asam folat dan deksametason pada tikus coba yang diinduksi metanol.
Metode. Penelitian eksperimental ini dilakukan di Laboratorium Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Lima belas tikus wistar yang terintoksikasi metanol dibagi dalam tiga kelompok secara acak : kelompok kontrol (K), deksametason intraperitoneal 1 gram sebanyak 16,5cc/kgBB/hari selama 3 hari (P1), dan asam folat 1 mg/kgBB/hari selama 3 hari (P2). Intoksikasi metanol dilakukan dengan pemberian metanol 4 gram/kgBB pada hari pertama dan 2 gram/kgBB pada hari kedua dan ketiga. Ekspresi caspase-3 dan caspase-7 dinilai dengan pewarnaan imunohistokimia. Analisis statistik menggunakan uji Kruskal Wallis.
Hasil penelitian Rerata ekspresi caspase-3 kelompok K=6,6 , kelompok P1=6,2 dan P2=6,4. Ekspresi caspase-3 pada kelompok perlakuan lebih rendah dibandingkan kelompok kontrol (p=0,459). Rerata ekspresi caspase-7 kelompok K=6,2 , kelompok P1= 6,4 dan P2= 6,4. Ekspresi caspase-7 pada kelompok perlakuan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (p=0,459). Rerata caspase-3 dan caspase-7 pada kelompok P1 dan P2 masing-masing yaitu p=0,513 dan p=1,00.
Kesimpulan Terdapat kecenderungan penurunan ekspresi caspase-3 pada kelompok perlakuan dibandingkan kontrol. Ekspresi caspase-7 pada kelompok perlakuan cenderung meningkat dibandingkan kontrol.
Kata kunci intoksikasi metanol, caspase-3, caspase-7, deksametason, asam folat.


Ketersediaan

120/FKUD/TS/2017617.7 CHR pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.7 CHR p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this