No image available for this title

Text

Perbedaan ekspresi caspase-3 dan caspase-7 pada apoptosis sel ganglion retina pasca pemberian metilkobalamin, deksametason, dan kombinasinya pada model tikus intoksikasi metanol



Latar Belakang: Asam format merupakan metabolik toksik pada intoksikasi metanol. Apoptosis pada intoksikasi metanol disebabkan oleh karena keterlibatan mitokondria (pelepasan sitokrom c dan caspase). Pemberian metilkobalamin dapat mengurangi kadar asam format dengan mengaktifkan tetrahidroksi folat untuk memetabolisme asam format didalam tubuh. Bila metabolisme asam format ditingkatkan, penumpukan asam format dikurangi, sehingga terjadi penurunan ekspresi caspase 3 dan 7 dan pada akhirnya apoptosis lebih rendah.
Tujuan: Mengetahui perbedaan ekspresi caspase 3 dan 7 pada apoptosis sel ganglion retina pasca pemberian metilkobalamin, deksametason dan kombinasinya dibanding kelompok kontrol pada tikus yang mengalami intoksikasi metanol.
Metode: Penelitian ini merupakan uji eksperimental laboratorium dengan rancangan post-test only randomized controlled group yang menggunakan model tikus intoksikasi metanol kemudian mendapatkan perlakuan deksametason, metilkobalamin dan kombinasinya. Analisis statistik menggunakan uji Kruskal Wallis dan Mann Whitney.
Hasil: Didapatkan penurunan ekspresi caspase 3 pada deksametason dibandingkan kontrol ( p=0,221) dan ekspresi caspase 7 pada deksametason terdapat peningkatan dibanding kontrol (p=0,513). Didapatkan penurunan ekspresi caspase 3 pada metilkobalamin dibandingkan kontrol (p=0,549) dan ekspresi caspase 7 pada metilkobalamin terdapat peningkatan dibanding kontrol (p=0,015*). Didapatkan penurunan ekspresi caspase 3 pada kombinasi dibandingkan kontrol (p= 1,00) dan ekspresi caspase 7 pada metilkobalamin terdapat peningkatan dibanding kontrol (p=0,042*).
Kesimpulan: Terdapat kecenderungan penurunan caspase 3 dan peningkatan ekspresi caspase 7 pada deksametason dibandingkan kontrol. Terdapat kecenderungan penurunan ekspresi caspase 3 dan peningkatan ekspresi caspase 7 pada metilkobalamin dibandingkan kelompok kontrol. Tidak terdapat penurunan ekspresi caspase 3 dan kecenderungan peningkatan ekspresi caspase 7 pada kombinasi dibandingkan kontrol.
Kata kunci: Metilkobalamin, intoksikasi metanol, caspase 3 dan 7


Ketersediaan

118/FKUD/TS/2017617.7 IMA pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.7 IMA p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this