No image available for this title

Text

Korelasi antara disinkroni intraventrikel kiri dengan fungsi atrium kiri pada penderita pasca pemasangan alat pacu jantung permanen bilik tunggal : Studi kasus di RSUP Dr. Kariadi



Latar Belakang : Peningkatan harapan hidup masyarakat dunia diikuti peningkatan penggunaan alat pacu jantung permanen. Penggunaan pacu jantung bilik tunggal masih luas digunakan saat ini. Pacu jantung bilik tunggal menyebabkan disinkroni di dalam ventrikel kiri. Disinkroni kronik memicu peningkatan kejadian atrial fibrilasi dan stroke di masa depan. Disinkroni intraventrikel kiri diduga menyebabkan gangguan fungsi atrium kiri.

Tujuan : Untuk mengetahui korelasi antara disinkroni intraventrikel kiri terhadap fungsi atrium kiri pada penderita dengan pacu jantung bilik tunggal.
Metode : Penelitian secara cross-sectional pada penderita dengan alat pacu jantung permanen (APJP) bilik tunggal di poliklinik RSUP Dr.Kariadi antara bulan Oktober dan Desember 2016. Penderita menjalani pemeriksaan tissue doppler imaging (TDI) untuk disinkroni intraventrikel kiri. Penilaian fungsi atrium kiri didefinisikan sebagai left atrial emptying fraction (LAEF).
Hasil : Terdapat 31 pasien (rerata usia 64,5 tahun) dan pemakaian APJP rata – rata 30,3 bulan menjalani pemeriksaan ekokardiografi. Penurunan LAEF mencapai 30,9% dan dilatasi dari volume atrium kiri (45,5 mL). Analisis bivariat menggunakan Spearman’s rho, didapatkan korelasi lemah antara disinkroni intraventrikel kiri dengan LAEF (p= 0,045 r=-0,362). Setelah dilakukan penyesuaian, hasil analisis multivariat linear regresi menyisakan disinkroni interventrikel (p= 0,021 r= -0,352) dan fraksi ejeksi ventrikel kiri (p= 0,002 r= -0,500) sebagai faktor independen yang berkorelasi dengan LAEF. Disinkroni intraventrikel kiri tidak bermakna secara statistik terhadap LAEF(p= 0,233 r= -0,198).
Simpulan : Disinkroni intraventrikel kiri tidak berkorelasi terhadap LAEF pada penderita dengan APJP bilik tunggal. Penelitian lebih lanjut dengan kohort prospektif diperlukan untuk menunjukkan korelasi yang bermakna.
Kata kunci : Disinkroni ventrikel kiri, fungsi atrium kiri, pacu jantung bilik tunggal


Ketersediaan

124/FKUD/TS/2017616.12 YOS kRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.12 YOS k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.12
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this