No image available for this title

Text

Peningkatan status antioksidan pasien sakit kritis setelah pemberian asam amino parenteral



Latar belakang : Stres oksidatif yang terjadi pada pasien sakit kritis di Intensive care menyebabkan penurunan status antioksidan yang ditandai oleh penurunan kadar antioksidan endogen seperti Superoxide dismutase (SOD). Status antioksidan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diantaranya usia, status anemia, dan trauma bedah. Antioksidan SOD tersusun dari protein terutama asam amino yang sekaligus berperan sebagai antioksidan.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh asam amino terhadap status antioksidan pasien sakit kritis, dengan mengukur kadar SOD sebelum dan sesudah pemberian asam amino dan menganalisis pengaruh afktor usia, status anemia dan trauma bedah terhadap kenaikan kadar SOD.
MAterial dan Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan one group pre test post test design, subyek adalah pasien sakit kritis di Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Telogo Rejo Semarang, berjumlah 40 orang. Untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi peningkatan kadar SOD, subyek terbagi menjadi kelompok usia muda (18-25 tahun) dan paruh baya (36-60 tahun), kelompok status anemia dan non anemia, kelompok bedah dan non bedah.
HAsil : Pada akhir penelitian terkumpul subyek 32 orang, terdiri dari kelompok usia dewasa muda berjumlah 4 orang, dan paruh baya 28 orang, berstatus anemia 15 orang dan non anemia 17 orang, trauma bedah 11 orang dan non bedah 21 orang. Didapatkan kenaikan kadar SOD yang bermakna setelah pemberian asam amino parenteral (t=-4,919, p=0,000). Kenaikan kadar SOD terhadap kelompok usia (t=0,288, p=0,776) status anemia (t=-1,308, p=0,201) trauma bedah (t=-0,278, p=0,78) menunjukkan hasil tidak ada perbedaan yang bermakna.
Kesimpulan : Pemberian asam amino parenteral dapat memperbaiki status antioksidan pasien sakit kritis, dengan kadar SOD yang meningkat secara bermakna. Kenaikan kadar SOD belum terbukti dipengaruhi oleh usia, status anemia dan trauma bedah.
Kata kunci : pasien sakit kritis, kadar antioksidan, kadar SOD, asam amino, usia, status anemia, trauma bedah


Ketersediaan

110/FKUD/TS/2017616.39 MEI pGudang (Gudang)Tersedia - Rusak

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.39 MEI p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.39
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this