No image available for this title

Text

Korelasi kadar Vascular Endothelial Growth FActor (VEGF) serum dengan derajat diferensiasi adenokarsinoma kolorektal stadium III : Studi kasus di RSUP Dr. Kariadi



Latar Belakang: Kanker kolorektal merupakan penyebab kematian ketiga terbanyak, dimana tipe adenokarsinoma kolorektal yang paling sering dijumpai. VEGF adalah sitokin proangiogenesis, angiogenesis dibutuhkan dalam pertumbuhan tumor, diferensiasi dan metastasis sel tumor. Kebanyakan kasus adenokarsinoma kolorektal di RSUP Dr Kariadi Semarang terdiagnosis pada stadium III.
Tujuan: Membuktikan korelasi kadar VEGF serum dengan derajat diferensiasi pada adenokarsinoma kolorektal stadium III.
Metode: Rancangan penelitian menggunakan cross sectional. Sampel total sebanyak 22, dengan variabel bebas kadar VEGF serum dan variabel tergantung derajat diferensiasi. Sebagai variabel perancu adalah jenis kelamin dan usia.
Hasil: Hasil uji non parametrik range Spearmean, tidak terbukti adanya korelasi antara kadar VEGF serum dengan derajat diferensiasi adenokarsinoma kolorektal stadium III dengan p = 0,668 (p > 0,05), rho -0,0972. Masih ada perancu yaitu jenis kelamin dengan t test indep : p = 0,028 (p < 0,05). Jumlah Laki-laki lebih banyak dibandingkan perempuan (14 : 8). Tidak terbukti adanya korelasi antara kadar VEGF serum terhadap derajat diferensiasi dikarenakan masih banyaknya faktor-faktor pertumbuhan dan hormon yang dapat mempengaruhi ekspresi VEGF dan masih belum dapat disingkirkan.
Simpulan: Tidak terbukti adanya korelasi kadar VEGF serum dengan Derajat Diferensiasi
Kata Kunci: VEGF, Derajat Diferensiasi, Adenokarsinoma kolorektal


Ketersediaan

128/FKUD/TS/2017616 NUR kRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616 NUR k
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this