No image available for this title

Text

Efek DLBS (Dexa LAboratories Biochemical Science) 3233 terhadap kadar visfatin serum pada pasien diabetes melitus tipe 2 baru (Studi kasus di Desa Ambokembang Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah)



Latar belakang: Visfatin, suatu protein spesifik-adiposa, mempunyai efek pada homeostasis glukosa dan regulasi metabolisme energi, yang menjadikannya sebagai kandidat yang berhubungan dengan resistensi insulin. Kadar visfatin di dalam plasma secara bermakna menurun pada subyek yang mengalami resistensi insulin, dan pengidap diabetes tipe 2.

Tujuan penelitian: Mengetahui manfaat DLBS3233 terhadap pasien diabetes melitus tipe 2 baru melalui kadar Visfatin serum

Metode: Penelitian secara Randomized control group Pre and Post Test Design melibatkan 34 orang responden dengan variabel bebas DLBS3233 dan Variabel terikat adalah konsentrasi Visfatin serum pada pasien diabetes tipe 2 baru. Sebagai Variabel perancu jenis kelamin, usia, status diit, sindroma metabolik dan status olahraga
Hasil: Uji T-test untuk perbedaan sebelum dan setelah perlakuan pada masing-masing kelompok didapatkan tidak ada perbedaan bermakna pada kelompok perlakuan (p=0.240), dan didapatkan peningkatan bermakna kadar Visfatin pada kelompok kontrol (p=0.004) setelah perlakuan). Tidak ada hubungan bermakna antara kadar visfatin serum dengan variabel perancu pada kelompok perlakuan.
Pembahasan: Resistensi insulin mempunyai korelasi positip bermakna dengan kadar visfatin serum. Hal ini karena adiposa viseral akan mensekresi sejumlah sitokin, salah satunya adalah visfatin, mempunyai efek pada homeostasis glukosa dan regulasi metabolisme energi.
Simpulan: Didapatkan peningkatan bermakna kadar Visfatin pada kelompok kontrol yang dipengaruhi oleh variabel-variabel perancu yang belum terstandarisasi.
Kata kunci: DLBS3233, DM tipe 2 baru, visfatin serum


Ketersediaan

130/FKUD/TS/2017616 MEL eRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616 MEL e
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this