No image available for this title

Text

Perbedaan kualitas hidup berdasarkan Short Form-36 (SF-36) antara penderita stroke iskemik serangan pertama dengan kedua



Pendahuluan: Stroke merupakan penyebab terbesar ketidakmampuan fisik, emosi, dan kehidupan sosial pada orang dewasa. Serangan stroke berulang menyebabkan peningkatan resiko penurunan kualitas hidup. Pengukuran kualitas hidup terkait kesehatan pada pasien stroke penting untuk evaluasi perawatan pasien stroke baik secara kualitas maupun kuantitas.
Tujuan: Mengetahui ada tidaknya perbedaan kualitas hidup berdasarkan Short Form-36 (SF-36) antara pasien stroke iskemik serangan pertama dan kedua.
Metode: Penelitian ini adalah observational analitik dengan pendekatan cross sectional di Poliklinik Neurologi RSUP dr.Kariadi Semarang sealama 3 bulan dengan 50 subyek pasien paska stroke iskemik serangan pertama dan kedua. Dilakuakan anamnesa, pemeriksaan fisik dan kuesioner SF-36. Data demografik dan faktor – faktor yang berbengaruh terhadap skor kualitas hidup terkait kesehatan di data. Analisa data dilakukan dengan program SPSS 23.00. Perbedaan kualitas hidup berdasarkan Short Form-36 (SF – 36) antara pasien stroke iskemik serangan pertama dengan kedua dianalisa dengan uji beda.
Hasil: Umur yang semakin meningkat menunjukkan skor kualitas kesehatan yang semakin menurun. Skor kualitas hidup terkait kesehatan lebih rendah pada subyek yang lama menderita strokenya lebih dari 1 tahun. Skor kualitas hidup terkait kesehatan pada kelompok subyek serangan stroke pertama didapatkan lebih tinggi pada subyek laki-laki.dan serangan stroke kedua lebih tinggi pada subyek perempuan. Semakin tinggi tingkat pendidikan semakin tinggi skor kualitas hidup terkait kesehatan. Didapatkan perbedaan yang bermakna antara rata-rata skor kualitas hidup terkait kesehatan pasien stroke serangan pertama dan kedua pada dimensi fungsi fisik, peranan fisik, energi, serta pada total skor.
Diskusi: Terdapat perbedaan bermakna kualitas hidup berdasarkan Short Form-36 (SF-36) antara pasien stroke iskemik serangan pertama dengan kedua
Kata kunci: Skor kualitas hidup berdasarkan Short Form-36 (SF-3), stroke iskemik serangan pertama dengan kedua


Ketersediaan

136/FKUD/TS/2017616.8 NAZ pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.8 NAZ p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this