No image available for this title

Text

Pengaruh adjuvan ketamin pada blok servikal superfisial terhadap kadar substansi P pasien tiroidektomi



Latar belakang: Setiap pembedahan akan menimbulkan konsekuensi nyeri termasuk pada operasi tiroid. Substansi P merupakan suatu neuropeptida elemen penting dalam proses persepsi nyeri. Penghambatan pelepasan mediator ini salah satunya dengan blok regional yakni bilateral superficial cervical plexus block(BSCPB). Anestesi lokal dengan ketamin merupakan salah satu metode penanganan nyeri pascabedah yang memberikan efek analgesia preemptif.

Tujuan:Mengetahui pengaruh adjuvan ketamin 0,25 mg/kg pada BSCPB terhadap kadar substansi P serum pada pasien tiroidektomi dengananestesi umum.

Metode: Penelitian ini merupakaneksperimental acak tersamar ganda yang mengikutsertakan 48 pasien yang menjalani tiroidektomi dengan anestesi umum yang dibagi dalam 3 kelompok yang memenuhi kriteria penelitian. Kelompok N mendapat BSCPB plasebo yakni normal salin 0,9%. Kelompok B mendapat BSCPB bupivakain 0,25% dan kelompok K mendapat BSCPB bupivakain 0,25% dengan adjuvan ketamin 0,25 mg/kg. Masing-masing kelompok diberikan volume infiltrasi 15ml. Pasien diintruksikan menggunakan visual analog score(VAS). VAS dinilai jam ke-1 dan 12 pasca operasi. Sampel darah substansi P diambil sebelum tindakan blok dan 12 jam pasca operasi.

Hasil:Pada penelitian ini dengan tingkat kepercayaan 95%, terlihat bahwa terdapat pengaruh pemberian blok BSCPB baik dengan adjuvan maupun tanpa adjuvan terhadap kadar substansi P dan nilai VAS pada tiroidektomi dengan anestesi umum (p < 0,05). Kebutuhan opioid perioperatif juga lebih rendah untuk kelompok B dan K dibandingkan dengan kelompok kelompk N (p < 0,05). Namun kadar substansi P dan nilai VAS 12 jam pasca operasi tidak berbeda antara kelompok B dan K (p > 0,05).

Simpulan:Penggunaan blok BSCPB baik bupivacain 0,25% maupun dengan adjuvan ketamin 0,25 mg/kg terbukti efektif sebagai analgetik perioperatif maupun pasca operasi pasien tiroidektomidengan anestesi umum. Dimana penggunaan blok BSCPB terbukti menurunkan kadar substansi P dan nilai VAS 12 jam pasca operasi, serta kebutuhan opioid perioperatif.
Kata kunci: BSCPB, ketamin, substansi P, tiroidektomi, VAS


Ketersediaan

150/FKUD/TS/2017617.9 RIY pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.9 RIY p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this