No image available for this title

Text

Laporan serial kasus : Ketamin pada blok peritonsillar untuk manajemen nyeri pasca operasi tonsilektomi



Latar Belakang : Nyeri merupakan salah satu masalah yang paling konsekuensial yang disebabkan setelah prosedur invasif. Pengelolaan nyeri pasca operasi tonsilektomi adalah tugas yang sulit, hal tersebut dmengakibatkan berkurangnya asupan gizi secara oral, perawatan yang lama di rumah sakit, dan keterlambatan dalam kembali ke aktivitas normal. Di era BPJS, pemerintah lebih bijak menentukan tarif. Rumah Sakit ditekan dengan biaya rendah namun memberikan pelayanan yang optimal. Sebagai ahli anestesi harus memiliki metode dalam mengurangi morbiditas pasca operasi. Nyeri pasca tonsilektomi diyakini dimediasi oleh stimulasi dari serabut saraf aferen C-fiber yang terletak di ruang peritonsillar, dan infiltrasi anestesi lokal ke daerah ini dapat menurunkan rasa sakit dengan memblokir jalur sensorik dan dengan demikian mencegah impuls nosiseptif. Infiltrasi Peritonsillar ketamin sendiri atau dalam kombinasi dengan epinefrin dapat mengurangi VAS (Visual Analog Score) dan penggunaan opioid.

Tujuan : Evaluasi efektivitas ketamin pada blok peritonsiller dan pengelolaan nyeri pasca operasi setelah tonsilektomi.

Metode : Dua perempuan di dekade kedua dan ketiga mereka dijadwalkan untuk tonsilektomi elektif. Premedikasi midazolam menggunakan 3 mg, induksi menggunakan propofol 2 mg / kg intravena, dexametason 10 mg intravena, di cuffed dengan sevofluran, dan dilakukan intubasi. Operasi itu berlangsung 10 menit, menggunakan teknik diseksi, kami melakukan blok peritonsillar di fossa peritonsillar menggunakan ketamin 0,1 mg / kgBB dan lidokain cum adrenalin 1: 200.000 sebagai pelarut, 2 ml volume diterapkan di setiap tonsil sebelum ekstubasi. Kami mengevaluasi nyeri pasca operasi dengan menggunakan skala VAS pada 1 jam, satu jam 6 pasca operasi. Kami juga menilai komplikasi yang mungkin terjadi pasca op.

Hasil : Satu jam observasi, semua pasien yang mengalami sakit ringan, dan pengamatan setelah enam jam tidak memiliki rasa sakit, dan hal ini mengurangi penggunaan opioid atau NSAID. Muntah sebagai komplikasi terjadi hanya pada pasien pertama, dan diberikan antiemetik. Semua pasien dipulangkan dari rumah sakit 8 jam setelah operasi, dan diberikan asam mefenamat 500 mg per delapan jam per oral.

Kesimpulan : Blok peritonsillar menggunakan ketamin dan lidocain cum adrenalin 1:200.000 sebagai pelarut efektif untuk meminimalkan nyeri pasca operasi tonsilektomi di kedua pasien hingga 6 jam pasca op, dan secara signifikan mengurangi kebutuhan opioid atau NSAID analgetik.

Kata kunci : Manajemen nyeri pasca operasi, infiltrasi peritonsillar, ketamin.


Ketersediaan

149/FKUD/TS/2017617.9 CHA lRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.9 CHA l
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this