No image available for this title

Text

Efektivitas difenhidramin dan klonidin untuk mencegah agitasi pasca anestesi sevofluran pada pasien pediatri



Latar Belakang: Labioplasti merupakan salah satu tindakan pembedahan yang banyak dilakukan pada pasien pediatri. Anestesi terpilih pada operasi labioplasti yaitu general anestesi dengan agen inhalasi sevoflurane. Efek samping sevoflurane yang sering muncul adalah agitasi pasca anestesi.. Beberapa obat sering digunakan untuk mengurangi agitasi pasca anestesi dengan agen inhalasi sevoflurane, diantaranya difenhidramin dan klonidin.
Tujuan: Membandingkan pengaruh pemberian difenhidramin dan klinidin intravena dosis tunggal sebelum ekstubasi terhadap insiden agitasi saat pulih sadar dari anestesi umum pada pasien pediatrik yang menjalani prosedur pembedahan dengan anestesi umum dengan gas inhalasi sevofluran.
Metode: Dilakukan penelitian eksperimental dengan rancangan randomized, double-blind, controlled trial pada 50 pasien pediatri sebagai subjek penelitian yang dibagi menjadi 2 kelompok secara acak masing-masing kelompok terdiri dari 25 anak yang menjalani operasi labioplasti dengan anestesi umum inhalasi menggunakan agen inhalasi sevoflurane. Kelompok I mendapat perlakuan injeksi difenhidramin 0,5 mg/kgbb 15 menit sebelum agen inhalasi dimatikan. Kelompok II mendapat klonidin 2 mcq/kgbb 15 menit sebelum agen inhalasi dimatikan. Dievaluasi kejadian agitasi dengan membandingkan skor PAEDS pre operasi, 1 menit post ekstubasi, saat mulai pulih sadar, dan 15 menit post ekstubasi.
Hasil: Penelitian ini menunjukan bahwa klonidin lebih efektif dibandingkan dengan difenhidramin dalam menurunkan angka kejadian agitasi dan emergence delirium pasca anestesi umum dengan sevofluran pada pasien pediatrik, tetapi tidak berbeda bermakna dengan nilai p≤0,05

Kesimpulan: Pemberian klonidin intravena sebelum ekstubasi lebih efektif dibandingkan dengan difenhidramin dalam menurunkan angka kejadian agitasi saat pulih sadar dari anestesi umum pada pasien pediatrik yang menjalani labioplasti dengan gas inhalasi sevofluran tetapi tidak berbeda bermakna

Kata Kunci : Sevoflurane, Agitasi, PAEDS Score, klonidin, difenhidramin


Ketersediaan

147/FKUD/TS/2017617.9 RIK eRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617.9 RIK e
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this