No image available for this title

Text

Hubungan kadar zinc terhadap pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan ASI Eksklusif



Latar Belakang. Studi sebelumnya telah menunjukkan pentingnya zinc dalam proses pertumbuhan, perkembangan fisik dan neurologis bayi dengan ASI eksklusif. Pentingnya mengetahui pengaruh zinc dalam tumbuh kembang bayi dengan ASI eksklusif diharapkan menjadi pengetahuan untuk mencegah gangguan tumbuh kembang akibat defisiensi Zinc

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kadar zinc dengan pertumbuhan dan perkembangan pada bayi dengan ASI eksklusif

Metode. Penelitian cross-sectional pada bayi dengan ASI eksklusif yang berusia 6 bulan dilakukan di Rumah Sakit Kariadi dan daerah sekitar Semarang. Pengukuran kadar serum zinc dan penilaian tumbuh kembang dilakukan dalam waktu yang sama. Penilaian Pertumbuhan menggunakan WHO antropometri Z-skor. Perkembangan dinilai dengan Denver II, yaitu dengan menilai developmnent quotient (DQ) pada empat sektor perkembangan. Uji korelasi menggunakan Spearman. Koefisien korelasi dinyatakan dengan r, signifikan bila nilai p < 0,05.

Hasil. Diteliti 39 bayi dalam studi ini yang terdiri dari 25 (64,1%) laki-laki, 14 (35,9%) perempuan. Korelasi positif dan hubungan yang bermakna ditemukan antara zinc serum dan WAZ (r = 0,562; p = 0,000), WHZ (r = 0,496; p = 0,001), motorik kasar (r = 0,454; p = 0,004), motorik halus (r = 0.420; p = 0,008) dan bahasa (r = 0,494; p = 0,001) pada bayi dengan ASI eksklusif.

Kesimpulan. Terdapat hubungan yang bermakna antara serum zinc dan pertumbuhan (WAZ, WHZ), serta perkembangan (motorik kasar, motorik halus, dan bahasa) pada bayi dengan ASI eksklusif.

Kata Kunci: Serum zinc, bayi dengan ASI eksklusif, pertumbuhan, perkembangan


Ketersediaan

140/FKUD/TS/2017618.92 STE hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.92 STE h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.92
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this