No image available for this title

Text

Hubungan antara skor Alvarado dan temuan operasi appendisitis akut di RSUP Dr. Kariadi Semarang Januari 2015 - Juni 2015



Pendahuluan Morbiditas dan mortalitas appendisitis akut masih cukup tinggi. Hal ini disebabkan oleh keterlambatan diagnosa dan penanganan pembedahan. Sebagian besar penderita dengan resiko appendicitis perforasi mempunyai skor Alvarado yang tinggi.
Tujuan Mengetahui hubungan antara temuan klinis (skor Alvarado ) dengan derajat klinikohistopatologi.
Material dan Metode Penelitian dilakukan di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Waktu penelitian ini adalah selama 6 bulan , periode Januari 2015 s/d Juni 2015. Penelitian ini merupakan prospektif cross sectional study dan bersifat analitik, dengan melakukan pemeriksaan klinis, serta pemeriksaan histopatologi jaringan appendik pasca bedah sebagai pemeriksaan baku. Uji korelasi dengan Pearson corelation akan dilakukan untuk mencari hubungan antara skor Alvarado dengan derajat klinikohistopatologi.
Hasil Penelitian Adanya hubungan yang bermakna antara kenaikan temperatur dengan klinikohistopatologi, dimana p = 0,04, adanya hubungan yang bermakna antara jumlah leukosit dengan klinikohistopatologi, dimana p = 0,009. Tidak ada hubungan yang bermakna antara jumlah netrofil dan klinikohistopatologi dimana p = 0,104. Tidak ada hubungan yang bermakna antara rata-rata umur dengan hasil klinikohistopatologi dimana p = 0,242.
Kesimpulan Dengan analisa korelasi Pearson, didapati tidak adanya hubungan yang bermakna antara skor Alvarado dengan klinikohistopatologi (r=0,170).
Kata Kunci Appendisitis akut, skor Alvarado, derajat klinikohistopatologi.


Ketersediaan

158/FKUD/TS/2017617 FER hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
617 FER h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
617
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this