No image available for this title

Text

Hubungan antara perubahan kadar HsCRP dengan fungsi kognitif pasien stroke iskemik



Pendahuluan :Insidensi penurunan fungsi kognitif pada pasien stroke iskemik akut semakin meningkat. Mekanisme efek inflamasi diduga mempunyai pengaruh terhadap fungsi kognitif. Mekanisme tersebut meliputi peningkatan kadar HsCRP pada pasien stroke iskemik baik akibat inflamasi karena hipoperfusi maupun faktor inflamasi karena resiko vaskuler lain. Montreal Cognitive Assessment (MoCA) versi bahasa Indonesia merupakan salah satu tes penyaringan dibutuhkan untuk membantu menegakkan diagnosis perburukan kognitif pada stroke.
Tujuan : Membuktikan bahwa perubahan kadar HsCRP hari ke 3 setelah onset dan hari ke 7 setelah onset berhubungan dengan fungsi kognitif pasien stroke iskemik akut.
Material dan metode : Penelitian belah lintang dari bulan Juni 2016 - Desember 2016 di RSUP dr. Kariadi Semarang. Consecutive sampling sebanyak 31 penderita stroke iskemik pertama kali yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Dilakukan anamnesis, pemeriksaan status neurologi, pemeriksaan kadar HsCRP, dan pemeriksaan MoCA-Ina yang meliputi domain visuospasial /eksekutif, penamaan (naming), atensi, bahasa, abstraksi, memori, dan orientasi saat pasien pulang. Analisis data menggunakan program SPSS 17.0 dengan uji Chi-square, Fisher’s exact test, Kruskal wallis dan logistic regression dan dianggap bermakna apabila p


Ketersediaan

154/FKUD/TS/2017616.8 BET hRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.8 BET h
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this