No image available for this title

Text

Pengaruh ekstrak ikan gabus terhadap kadar arginin serum dan keluaran klinis neurologis pasien stroke iskemik akut



Latar Belakang: Kadar Arginin berkaitan dengan outcome pada stroke iskemik akut (SIA). Arginin merupakan protein yang diperlukan untuk sintesis NO yang memiliki potensi sebagai vasodilator dan antioksidan.Ikan gabus sebagai sumber protein mempunyai aktivitas antioksidan karena kandungan mineral,vitamin dan asam amino. Salah satu asam amino yang dijumpai cukup tinggi pada ekstrak ikan gabus adalah arginin.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh ekstrak ikan gabus(EIG) terhadap peningkatan kadar arginin serum dan perbaikan keluaran klinis pasien SIA.
Metode: Penelitian dengan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group Design dengan double blind. Pasien SIA dibagi dua kelompok perlakuan dan kontrol. Kelompok perlakuan mendapatkan EIG 15 gr selama 7 hari. Kadar Arginin serum dan skor NIHSS diukur sebelum dan sesudah perlakuan.Faktor-faktor lain yang berpengaruh pada keluaran klinis juga dianalisa secara multivariat.
Hasil: Sebanyak 42 subyek dilakukan random alokasi sebagai kelompok perlakuan atau kontrol. Tidak ada perbedaan karakteristik subyek di antara kedua kelompok.Terdapat korelasi  Kadar Arginin serum dan EIG (p


Ketersediaan

152/FKUD/TS/2017616.8 ZAI pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.8 ZAI p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this