No image available for this title

Text

Pengaruh penggunaan tunggal maupun kombinasu binguanid dan proton pump inhibitor terhadap neuropati diabetik (Studi kadar vitamin B12 serum pada penderita diabetes melitus tipe 2)



Latar Belakang : Neuropati diabetik merupakan kelainan pada saraf yang berhubungan dengan diabetes melitus, yang terjadi pada hampir 25-50% pasien DM baik tipe 1 maupun tipe 2. Metformin, obat golongan biguanid yang direkomendasikan sebagai terapi inisial DM tipe 2, kerap dilaporkan sebagai penyebab farmakologis dari defisiensi vitamin B12. Demikian pula dengan proton pump inhibitor (PPI). Defisiensi vitamin B12 dapat memperberat neuropati diabetik yang sudah lebih dulu terjadi, maupun dapat mempercepat terjadinya neuropati diabetik.
Tujuan : Membuktikan adanya pengaruh penggunaan obat-obatan (biguanid dan PPI) terhadap neuropati diabetik.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional. Dilakukan wawancara dan pengambilan data dari rekam medis untuk memperoleh data dosis dan durasi terapi metformin dan PPI. Pemeriksaan laboratorium dilakukan untuk mengetahui kadar vitamin B12 serum, HbA1C dan Trigliserida. Neuropati diabetik diperiksa menggunakan Toronto Clinical Scoring System (TCSS). Dilakukan analisa statistik menggunakan uji Chi-Square dan uji korelasi Pearson.
Hasil Penelitian : Didapatkan subyek sebanyak 40 orang responden, 37 subyek (92,5%) neuropati dan 3 subyek (7,5%) tidak neuropati. Analisis dengan chi square menunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna antara dosis dan durasi metformin serta penggunaan PPI dengan neuropati diabetik maupun dengan kadar vitamin B12 serum. Analisis korelasi antara kadar vitamin B12 serum dengan neuropati diabetik juga tidak menunjukkan hubungan yang bermakna, namun menunjukkan korelasi yang positif. Analisis pada faktor perancu, didapatkan hubungan yang tidak bermakna antara faktor perancu (umur, tinggi badan, HbA1C dan trigliserida) dengan neuropati diabetik. Didapatkan korelasi positif antara umur, HbA1C dan trigliserida dengan neuropati diabetik, sementara tinggi badan menunjukkan korelasi negatif terhadap neuropati diabetik
Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan bermakna antara penggunaan obat-obatan (biguanid dan PPI) terhadap kadar vitamin B12 serum dan neuropati diabetik, serta tidak terdapat hubungan yang bermakna antara kadar vitamin B12 serum dan neuropati diabetik.
Kata kunci : metformin, PPI, vitamin B12, neuropati diabetik


Ketersediaan

151/FKUD/TS/2017616.8 MAR pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.8 MAR p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this