No image available for this title

Text

Perbedaan gambaran histopatologi hepar tikus wistar akibat paparan metanol dosis bertingkat sebelum dan sesudah injeksi ranitidin



Pendahuluan : Metanol merupakan produk denaturasi alkohol (etanol) sangat berbahaya bila diminum dan dapat menyebabkan kematian .Ranitidine memiliki kemampuan untuk menginhibisi enzim alkohol dehydrogenase yang sehingga secara tidak langsung mempunyai efek antidotum pada toksisitas metanol.
Tujuan : untuk mengetahui pengaruh pemberian ranitidin terhadap histopatologi hati tikus Wistar dengan pemberian metanol dosis bertingkat.
Material dan Metode : Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Semarang dan Bagian Forensik dan Medikolegal RSUP dr. Kariadi Semarang sebagai tempat pemeliharaan dan tempat perlakuan penelitian terhadap hewan coba, Laboratorium Patologi Anatomi RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen sebagai tempat pembuatan preparat dan pemeriksaan mikroskopis dengan 35 sampel Tikus Wistar. Tikus Wistar 7 kelompok, yaitu 6 kelompok perlakuan, 1 kelompok kontrol. Organ hati diperiksa tingkat kerusakan selnya dan diklasifikasikan berdasarkan system skor Manja Roenigk. Untuk mencari perbedaan tiap kelompok, klasifikasi tersebut dianalisa dengan uji Chi-Square untuk melihat perbedaan antar kelompok.
Hasil Penelitian : kelompok kontrol signifikan terhadap kelompok ¼ LD 100 Metanol, kelompok ½ LD 100 Metanol, kelompok LD 100 Metanol, kelompok ½ LD 100 Metanol + Ranitidin dan kelompok LD 100 Metanol + Ranitidin dengan nilai p 0,005. Pada kelompok ¼ LD 100 Metanol dengan ranitidin terdapat perbaikan signifkan dibandingan dengan kelompok ¼ LD 100
Metanol tanpa pemberian Ranitidin. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa pemberian ranitidin memberikan efek antidotum pada metanol dengan dosis tertentu.
Kesimpulan : ranitidin dapat mengurangi tingkat kerusakan jaringan ogan hati karena mempunyai efek antidotum pada keracunan metanol, tapi tidak sebagai antidotum.
Kata Kunci : Ranitidin, Keracunan Metanol, Organ Hati, Histopatologi


Ketersediaan

168/FKUD/TS/2017614 ELI pRak Tesis (RT)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
614 ELI p
Penerbit FK Undip : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
614
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this